Ilustrasi kuku(Image by Racool_studio/Freepik)
Ilustrasi kuku(Image by Racool_studio/Freepik) ( KOMPAS.COM)

Ramai soal Kebiasaan Mengopek Kuku Tangan, Apa Benar Tanda dari Gangguan Kecemasan? Ini Kata Psikolog

3 Juni 2023 17:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Unggahan foto yang memperlihatkan jari-jari tangan seseorang yang balut plester karena kebiasaannya yang suka mengopek kulit di sekitar kuku ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dibuat oleh akun Twitter ini pada Kamis (1/6/2023).

"Aku gabisa stop ngopekin kuku, semakin berdarah semakin enak. Kalo malem mulai ku kasih hansaplas biar berhenti, tp gabisa kalo kegiatan siang. Ada saran gak ya biar bisa sembuh, makasi," tulis pengunggah.

Hingga Jumat (2/6/2023) sore, unggahan tersebut sudah dilihat sebanyak 166.500 kali dan mendapatkan lebih dari 380 komentar dari warganet.

Respons warganet

Unggahan tersebut menarik perhatian warganet, beberapa di antaranya mengatakan hal yang sama dengan pengunggah. Sementara beberapa lainnya mengatakan bahwa hal tersebut merupakan salah satu gangguan kecemasan.

"Gatau nder ak jg gini soalnya, kalo belum berd4rah ya belum stop," ungkap akun ini.

"Dulu aku juga gini nder, terus aku mulai ngutekin kuku dipakein pernak pernik yg cantik trs akhirnya sayang sm kuku sendiri terus gapernah gigitin lagi deh," tulis akun ini.

"Ini tuh ada hubungannya sm mindset sih nder. aku jg tiap lg gelisah/anxiety pasti reflek gigitin kuku sampe perih semua. coba konsultasi ke ahlinya yaaa," kata akun ini.

Lantas, benarkah kebiasaan mengopek kuku tangan menjadi salah satu gangguan kecemasan?

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm