Pemakaman Sentosa, Semabung Kota Pangkalpinang
Pemakaman Sentosa, Semabung Kota Pangkalpinang ( bangkapos.com/Resha Juhari )

Terbesar se-Asia Tenggara dengan Luas 19,9 ha, Ini Sejarah Kuburan Cina Sentosa di Pangkalpinang,

17 Juni 2023 13:47 WIB

SonoraBangka.id - Berada di jalan Soekarno Hatta Pangkalpinang, terdapat sebuah makam Cina bernama Pekuburan Sentosa (Tjung Hoa Kung Mu Yen).

Kuburan tersebut memiliki luas 19,9 ha dan terdapat lebih dari 12.000 makam.

Sebelum dikelola oleh Yayasan Sentosa, kuburan Cina ini awalnya merupakan sumbangan dari keluarga bermarga Boen.

Sejarawan dan Budayawan Bangka Belitung Akhmad Elvian menyebutkan, keluarga Boen adalah satu di antara keluarga terpandang di Pangkalpinang.

Selain menyumbangkan tanahnya untuk kuburan Cina, keluarga Boen juga menyumbangkan tanahnya untuk pendirian Kelenteng Kwan Tie Miau.

Kelenteng Kwan Tie Miau tersebut didirikan pada Tahun 1841 Masehi dan terletak di Jalan Mayor H. Muhidin, Pangkalpinang.

Mengutip dari wonderful.pangkalpinangkota.go.id, makam keluarga Boen Sun Yat Sen menjadi makan tertua yang ada di sana, diperkirakan pada tahun 1915.

Sementara Pekuburan Sentosa sendiri dibangun pada 1935 dan kini menjadi kompleks pemakaman terbesar se-Asia Tenggara.

Menurut tugu pendiri makam yang terletak di depan atau pada sisi barat Paithin, makam ini didirikan oleh empat orang. 

Yaitu Yap Fo Sun yang wafat pada 1972, Chin A Heuw wafat pada1950, Yap Ten Thiam wafat pada 1944 dan Lim Sui Cian (tidak jelas tahun wafatnya pada masa pendudukan Facisme Jepang).

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm