Ilustrasi es buah sawo dan kelapa muda.
Ilustrasi es buah sawo dan kelapa muda. ( SHUTTERSTOCK/DALYANTO)

Rasanya Segar, Berikut Ini Cara Membuat Es Sekemu Khas Banten

19 Juni 2023 16:00 WIB

SonoraBangka.id - Indonesia terdapat keanekaragaman kuliner dan masing-masing daerah memiliki keunikannya masing-masing.  Ada salah satu minuman segar khas Banten, yaitu es sekemu. Es sekemu terbuat dari potongan buah sawo dan serutan kelapa muda yang disiram dengan kuah pandan.  Tidak lupa ditambahkan lagi air kelapa dan es batu secukupnya yang menambah kesegaran minuman ini. Cara membuatnya pun mudah dan tidak terlalu memakan banyak waktu.  Minuman ini paling pas diminum saat cuaca terik untuk menghilangkan dahaga.  Ikuti resep es sekemu khas Banten berikut ini, dikutip dari buku “Aneka Minuman khas Daerah” (2007) karya Westriningsih terbitan Saka Mitra Kompetensi. 

Resep es sekemu

Bahan

1 buah serutan kelapa muda, pisahkan dengan bagian airnya

350 gram sawo matang, kupas dan potong-potong

1 sdm selasi, rendam

200 ml air kelapa

Es batu secukupnya

200 gram gula pasir

200 ml air Vanili secukupnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm