Ilustrasi kulit ayam goreng.
Ilustrasi kulit ayam goreng. ( DOK.SHUTTERSTOCK/SULUH ARDHI)

Tambah cuka Agar Baunya Hilang, Berikut 5 Cara Olah Kulit Ayam Goreng

4 Juli 2023 16:12 WIB

SonoraBangka.id -  Kulit ayam goreng yang renyah dan tidak amis, tidak sulit untuk membuatnya. Kamu bisa mengikuti sederet kulit ayam goreng dengan langkah-langkah berikut ini. Dari cara membersihkan hingga cara rendam kulit ayam agar bau amisnya hilang. Dilansir dari berbagai sumber, simak cara engolah kulit ayam goreng yang renyah. Sensasi kriuknya bikin ketagihan.

1. Cara cuci kulit ayam

Dilansir dari laman Kompas.com yang tayang pada Minggu (22/01/2023), David Adi Hutama Sutanto pemilik Nasi Kulit Mak Judes, cuci dulu kulit ayam dengan air bersih yang mengalir. Pastikan kamu mengusap bagian luarnya dengan lap bersih kering kemudian buang sisa bulunya.

2. Iris dan buang lemak yang menempel

Kamu bisa buang lemak kulit ayam yang menempel kemudian buang. "Diseset sampai habis, benar-benar kulitnya terpisah dengan lemak," ujar David saat ditemui Kompas.com.

3. Rendam dengan air lemon

Sudi Raharjo, Head Kitchen restoran korea Dakiba dalam sebuah wawancara dengan Kompas.com menyarankan untuk rendam kulit ayam dengan air lemon. Hal ini agar bau amisnya hilang. Setelah kulit ayam dicuci dengan air bersih mengalir, rendam dulu dengan lemon sebelum direndam dengan air biasa.

4. Gunakan cuka

Selain air lemon, kamu bisa menggunakan cuka untuk menghilangkan bau amis pada kulit ayam. “Kalau saya biasanya pakai cuka untuk menghilangkan bau amis dari kulit ayamnya.” jelas Albert.

5. Siapkan kulit ayam dengan tepung

Jika kamu ingin membuat kulit ayam goreng tepung, baluri kulit ayam dengan tepung yang sudah dibumbui. Siapkan tepung basah dan kering kemudian celupkan kulit ayam ke dalam kedua adonan. Goreng hingga tampak renyah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Olah Kulit Ayam Goreng, Tambah Cuka agar Baunya Hilang ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/04/121700475/5-cara-olah-kulit-ayam-goreng-tambah-cuka-agar-baunya-hilang-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm