Penggerak motor listrik Viar berjenis Hub-drive dan sudah diproduksi lokal(KOMPAS.com/daafa)
Penggerak motor listrik Viar berjenis Hub-drive dan sudah diproduksi lokal(KOMPAS.com/daafa) ( KOMPAS.COM)

Sebelum Beli Motor Listrik Bekas, Cek Dulu Untuk Komponen Ini

23 Juli 2023 18:08 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Bagi konsumen yang berminat membeli sepeda motor listrik bekas, ada tips pemeriksaan gampang untuk menentukan kualitas dan performanya.

Dijelaskan Adyta Muhammad Sina, pemilik bengkel spesialis motor listrik EVCentrum, proses pemeriksaan motor listrik bekas tidak terlalu rumit.

“Intinya harus cermat dan teliti, supaya tidak terjebak saat beli motor listrik bekas yang kualitasnya buruk,” kata dia kepada Kompas.com, Jumat (21/7/2023).

Pemeriksaan pertama cukup mudah, yakni tes jalan. Adyta menyarankan pengguna untuk coba berkendara sejauh 2 kilometer, sampai 5 kilometer.

Ada dua faktor yang diperhatikan di sini, yakni kualitas tarikan dan pengereman motor, serta kondisi baterai.

Motor listrik dengan dinamo yang sehat, seharusnya tidak akan mengalami kendala seperti ngadat atau tersenggal-senggal saat dipacu. Tarikannya tetap enak, halus, dan tanpa kendala.

Konsumsi daya juga jadi pertimbangan lainnya. Menurut Adyta, baterai motor listrik yang sehat memiliki konsumsi daya yang jelas dan tidak abnormal.

“Kalau baterai ngurang seperempat (25 persen) padahal baru dipakai jalan kurang dari 5 km, ini tandanya abnormal. kalau motor listrik masih sehat, enggak mungkin konsumsi dayanya seburuk itu,” ucap dia.

Bila tes pertama sudah dilakukan dan tidak ditemui adanya kendala, motor listrik bisa dianggap cukup sehat dan bebas dari kerusakan.

Berlanjut pada tes kedua, tujuannya adalah memeriksa apakah motor listrik terawat atau tidak. Prosesnya sedikit teknis, karena harus dilakukan pembongkaran.

Pengguna bisa membuka tutup hub-drive pada roda belakang, untuk melihat kondisi dinamo, koil, dan magnet. proses ini bisa dilakukan menggunakan kunci ‘L’.

“Kalau bagian magnet dan dinamo kotor atau karatan, ada indikasi motor listrik pernah dipakai menembus banjir. Tanda kalau pemakaiannya jorok,” ucap Adyta.

Dinamo yang kotor daan magnet berkarat sebetulnya bukan masalah serius. Hanya saja, ada kemungkinan performa tarikan motor listrik bisa menurun, seiring berjalannya waktu.

Itu dia dua tips mudah pemeriksaan motor listrik bekas yang bisa dilakukan oleh konsumen. pastikan semua langkah diterapkan untuk mendapatkan kendaraan dengan kondisi baik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sebelum Beli Motor Listrik Bekas, Cek Dulu Komponen Ini", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/23/100100215/sebelum-beli-motor-listrik-bekas-cek-dulu-komponen-ini?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm