Ilustrasi
Ilustrasi ( Sumber: Kompas.id/Irma Tambunan)

Perusahaan Sawit Ingatkan Pansus DPRD Babel, Jangan Manipulasi Data Indeks K

8 Agustus 2023 10:28 WIB

SonoraBangka.id - Dikethaui, dalam penetapan harga pembelian Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit perusahaan sawit menggunakan Permentan Nomor 1 tahun 2018. 

Dalam permentan tersebut, terdapat komponen perhitungan penyusunan Indeks K.

Komponen Indeks K, seperti biaya pemasaran, RP/KG CPO,RP/KG Kernel, biaya handling di pelabuhan, biaya tangki di pelabuhan, surveyor pengapalan, sertificate.

Kemudian biaya pengangkutan dari PKS ke shore tank, biaya pengolahan, biaya penyusutan, biaya operasional tidak langsung, dan rendemen pabrik.

Anggota Panitia Khusus (Pansus) tentang stabilitas harga tandan buah segar sawit dan syarat perizinan perkebunan sawit di Provinsi Bangka Belitung, Azwari Helmi, mengingatkan perusahaan kelapa sawit (PKS), untuk tidak memanipulasi data Indeks K.

Helmi, menegaskan Pansus akan menempuh jalur hukum apabila ditemukan perusahaan memalsukan data tersebut.

"Perusahaan kelapa sawit jangan sekali kali memanipulasi data-data untuk harga kelapa sawit. Apabila ketahunan kita pidanakan," kata Helmi kepada Bangkapos.com, Selasa (8/8/2023).

Politikus PPP ini, menegaskan pansus memberikan sikap tegas, untuk mengingatkan setiap perusahana sawit dalam membeli TBS kelapa sawit sesuai data riil penghitungan Indeks K.

"Kita inginkan, jangan harga sawit murah karena ada manipulasi penghitungan data Indeks K. Karena menghitung sendiri. Seperti rendemen pabrik sekian persen, karena menentukan harga sawit ini ada rumus hitungannya," jelasnya. 

Wakil Ketua Komisi III DPRD Babel ini menegaskan akan mengecek langsung ke perusahan sawit di Babel, melihat penghitungan Indek K. 

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm