Ilustrasi telur mata sapi
Ilustrasi telur mata sapi ( SHUTTESTOCK/ANETTA)

Berikut Ini Alasan Telur Lengket Di Wajan Saat Digoreng

10 Agustus 2023 08:00 WIB

SonoraBangka.id - Telur yang digoreng misalnya telur ceplok, dadar, atau orak-arik terbilang mudah dibuat. Kamu cukup menyediakan telur mentah dengan jumlah yang diperlukan, garam, dan lada. Cara menggoreng telur pun tidak dibutuhkan kemampuan khusus. Langsung saja beri minyak di wajan lalu masukkan telur dan goreng sampai matang. Namun, terkadang telur menjadi lengket di wajan dan berantakan. Tak perlu khawatir, telur ini masih bisa dimakan. Walau memang bentuk telur jadi kurang rapi dan dasar wajan jadi bernoda. Terdapat setidaknya dua hal yang bikin telur goreng lengket di wajan menurut The Spruce Eats berikut. 

1. Menggoreng telur saat mentega atau minyak belum panas

Sebelum menggoreng telur, panaskan dulu wajan yang hendak digunakan. Setelah itu, beri mentega atau minyak secukupnya. Pastikan mentega leleh sepenuhnya dan mulai berbusa tipis. Hal ini menunjukkan bahwa wajan sudah panas. Jangan langsung mencemplungkan telur saat mentega belum sepenuhnya leleh. Penambahan mentega berfungsi untuk melumasi wajan agar telur tidak lengket. Apabila mentega belum melapisi wajan sepenuhnya maka kurang berfungsi dengan baik. Lihat Foto Ilustrasi orak-arik tahu telur. 

2. Menggunakan wajan yang tidak tepat

Tekstur telur mirip seperti lem. Bahkan, orang-orang menggunakan telur sebagai lem untuk merekatkan kulit pai, empanada, dan kue kering. Maka tidak mengherankan jika telur akan menempel di dasar wajan. Protein pada telur membentuk ikatan kimia dengan logam wajan saat telur dimasak. Lapisan antilengket pada wajan mengganggu ikatan ini. Ikatan itu juga tidak terbentuk jika telur digoreng dengan mentega atau minyak panas. Lapisan lemak yang berada di antara wajan dan telur dan mencegah telur menempel. Sebenarnya, kamu dapat menggoreng telur menggunakan jenis wajan apa saja termasuk cast iron atau besi cor. Namun, terdapat trik khusus seperti pastikan ada minyak di wajan dan goyang wajan secara stabil agar telur terus bergerak sehinga ikatan kimia tidak terbentuk. Menambahkan dari The Kitchn, wajan besi cor sangat panas sehingga begitu telur sudah dimasukkan, segera kecilkan api. Selanjutnya, biarkan telur mengeras sedikit agar protein menggumpal baru setelah itu goyang wajan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Telur Goreng Lengket di Wajan? Simak Cara Hindarinya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/06/162155475/kenapa-telur-goreng-lengket-di-wajan-simak-cara-hindarinya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm