Ilustrasi Nikel
Ilustrasi Nikel ( SHUTTERSTOCK/lp-studio)

Ternyata, Ini Alasan Nikel Indonesia Dianggap Sangat Berharga Hingga Jadi Rebutan Negara-Negara Maju Dunia

18 Agustus 2023 09:43 WIB

SonoraBangka.id - Seiring meningkatnya kebutuhan akan kendaraan listrik ternyata menjadikan nikel menjadi buruan negara-negara maju.

Ya, saat ini permintaan kendaraan listrik terus meningkat bahkan diperkirakan akan terus meningkat di masa depan, seiring dengan kebijakan pengurangan emisi karbon dan perubahan preferensi konsumen.

Nikel adalah logam transisi yang memiliki banyak kegunaan, mulai dari bahan baku baja, koin, hingga baterai.

Namun, salah satu aplikasi nikel yang paling menjanjikan di masa depan adalah sebagai bahan baku baterai ion-lithium, yang digunakan oleh kendaraan listrik.

Kendaraan listrik adalah kendaraan yang menggunakan listrik sebagai sumber energi utama, tanpa menghasilkan emisi gas rumah kaca.

Permintaan kendaraan listrik diperkirakan akan meningkat di masa depan, seiring dengan kebijakan pengurangan emisi karbon dan perubahan preferensi konsumen.

Indonesia adalah negara yang beruntung, karena memiliki cadangan nikel terbesar di dunia.

Menurut data Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indonesia memiliki 25 persen cadangan nikel dunia, yang tersebar di berbagai daerah seperti Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Kalimantan Barat.

Cadangan nikel Indonesia diperkirakan mencapai 21 juta ton, yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dunia selama 20 tahun.

Dengan potensi nikel yang begitu besar, Indonesia memiliki peluang untuk menjadi pemain utama dalam industri kendaraan listrik global.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm