Ilustrasi sayuran.
Ilustrasi sayuran. ( SHUTTERSTOCK/A3pfamily)

Berikut 3 Cara Masak Sayur untuk Tingkatkan Nafsu Makan Anak

2 September 2023 16:21 WIB

SonoraBangka.id - Beberapa anak sulit mengonsumsi sayur karena beragam alasan misalnya tampilannya tidak menggugah selera. Padahal, sayur mengandung banyak nutrisi penting, khususnya vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Executive Sous Chef Ibis Styles Tanah Abang Muhammad Ariyanto, membagikan cara mengolah sayuran untuk anak saat ditemui Kompas.com usai konferensi pers BlueBand, Kamis (24/8/2023), berikut ini.

1. Pilih sayur berwarna terang

Anak-anak biasanya menyukai warna-warna terang, seperti oranye, kuning, merah, atau hijau. Menurut Ariyanto, sayuran berwarna terang dan menarik sangat cocok diolah untuk makanan anak. Sayuran yang dimaksud seperti wortel, kentang, tomat, dan brokoli. "Gak harus sayuran juga, bisa dipadukan dengan buah yang warnanya terang juga," kata Ariyanto. 

2. Rebus atau kukus sayur

Teknik masak apa saja boleh digunakan untuk menyiapkan makanan anak, selama caranya benar. Namun, bila ingin mendapatkan warna sayuran menarik, sebaiknya gunakan metode rebus atau kukus saat memasak sayur. Kedua teknik memasak tersebut disarankan Ariyanto karena bisa membuat warna sayuran lebih pekat setelah matang.

3. Bentuk sayur menjadi menarik

Tak kalah penting, perhatikan juga bentuk atau tampilan sayur yang akan disajikan untuk anak. "Sayurannya diblender, bisa dibikin nugget sayur dengan tidak membatasi jumlah sayurannya. Semua sayuran bisa dipakai," jelas Ariyanto.  Selain itu, sayur rebus atau kukus bisa dibentuk menggunakan cetakan menarik, seperti hewan atau angka yang disukai anak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Masak Sayur untuk Tingkatkan Nafsu Makan Anak, Saran dari Koki", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/31/170500075/3-cara-masak-sayur-untuk-tingkatkan-nafsu-makan-anak-saran-dari-koki.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm