Mulkan Bupati Bangka
Mulkan Bupati Bangka ( Bangkapos.com/Deddy Marjaya )

Mulkan Berhasil Bawa Pemkab Bangka Jadi Pemda dengan Pembangunan Desa Terbaik di Bangka Belitung

4 September 2023 13:41 WIB

SonoraBangka.id - Kita ketahui, di Indonesia keberhasilan pembangunan desa yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah diukur melalui Indeks Desa Membangun (IDM).

Indeks ini memotret perkembangan kemandirian desa berdasarkan implementasi Undang-Undang Desa dengan dukungan Dana Desa serta Pendamping Desa. 

Indeks Desa "Membangun yang baik mengindikasikan ketepatan intervensi dalam kebijakan Pembangunan desa yang berkorelasi dengan karakteristik wilayah desa yaitu tipologi dan modal sosial," kata Bupati Bangka Mulkan, Senin (4/9/2023]

Mulkan mengatakan bahwa pada 2023 sesuai publikasi Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan, Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada tahun 2023, Pemkab Bangka berhasil menjadi pemerintah daerah terbaik dalam pembangunan desa di Bangka Belitung tahun 2023 dengan IDM sebesar 0,8169 berstatus “Mandiri”, jauh mengungguli kabupaten lainnya di Bangka Belitung,  juga jauh lebih baik dibandingkan rata-rata Provinsi Bangka Belitung sebesar 0,7878 dengan status “Maju” dan bahkan lebih jauh diatas rata-rata nasional sebesar 0,6934 dengan status “Berkembang”.

Indeks tersebut sekaligus juga membawa Pemkab Bangka sebagai satu-satunya kabupaten dengan status Mandiri di Bangka Belitung.

Regulasi yang mengatur kemandirian desa ini adalah Peraturan Mentri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 2 Tahun 2016 yang mengatur Indeks Desa Membangun dengan berbagai tingkatan, yaitu Desa Sangat Tertinggal dengan IDM  0,49 ke bawah, Desa Terrtinggal dengan IDM 0,49-0,56, Desa Berkembang dengan IDM 0,59-0,70, Desa Maju dengan IDM 0,70-0,80 dan Desa Mandiri dengan IDM 0,81 ke atas.

"Keberhasilan Pemkab Bangka dalam pembangunan desa tidak terlepas dari kebijakan RPJMD 2018-2023 yang menjadikan desa sebagai prioritas pembangunan. Kunci keberhasilan lainnya adalah  sinergitas dan kolaborasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan desa. Tanpa adanya partisipasi masyarakat, pembangunan itu tidak dapat mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditentukan," kata Mulkan 

Bupati Mulkan mendedikasikan keberhasilan pembangunan desa tersebut untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bangka yang sangat kolaboratif dan inovatif dalam Pembangunan. Selanjutnya Bupati  juga menyampaikan ucapatan terimakasih dan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh Pemerintahan Desa di Kabupaten Bangka atas kinerja pengeloaan desa yang luar biasa.

Wakil Bupati, Syahbudin menyatakan bahwa "pencapaian ini adalah suatu pencapaian yang menurut hemat kami adalah satu prestasi tersendiri yang diperoleh melalui kerja keras, kerja cerdas dan kerja ihlas dari seluruh stakeholder pembangunan daerah dan desa.

Desa menempati posisi kunci sebagai pemerintah di garis depan dalam pembangunan.  Dengan jumlah APBDesa yang cenderung terus membesar.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm