Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri Brigjen Hersadwi Rusdiyono dalam konferensi pers di Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta, Kamis (8/6/2023).(KOMPAS.com/Rahel)
Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri Brigjen Hersadwi Rusdiyono dalam konferensi pers di Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta, Kamis (8/6/2023).(KOMPAS.com/Rahel) ( kompas.com)

Ragam Taktik Produsen Oli Untuk Siasati Pemalsuan yang Marak di Pasaran

14 September 2023 21:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Maraknya kasus peredaran oli palsu di pasaran, membuat produsen memutar otak dan mengambil beberapa siasat.

Tujuannya agar konsumen tidak mudah tertipu dengan produk palsu, dan bisa membedakan mana oli yang asli dan palsu.

Langkah yang diambil cukup variatif, mulai penggunaan kode QR, motif khusus, atau pola wadah kemasan dibuat berbeda. Semuanya dibuat untuk membantu konsumen.

Ekza Novtiano, Brand and Product Manager Castrol Indonesia menjelaskan, pihaknya baru saja melakukan package rebranding, serta membuat desain baru pada kemasan dan stiker produk.

Produk oli asli miliknya diklaim mempunya motif timbul pada kemasan, dengan stiker gradasi mencolok pada stiker. Keduanya diklaim sangat sulit ditiru.

“Berkenaan dengan rebranding ini, kami juga memperkenalkan fitur yang kami yakin bisa menjadi anti-counterfeit, jadi memang tidak akan bisa dipalsukan,” ucapnya kepada Kompas.com, pekan lalu.

Sementara Sri Adinegara, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) menjelaskan, pihaknya menyematkan fitur nomor ID khusus dan kode QR di semua produknya.

Konsumen yang hendak membeli bisa lebih dahulu scan barcode kemasan, dan akan diarahkan ke laman khusus, serta mendapatkan kode identifikasi.

Oli asli akan memiliki kode identifikasi yang sesuai antara laman kode QR dan wadah kemasan. Bila tidak sesuai, bisa dipastikan oli tersebut palsu.

“Jadi setiap batch yang beda, QR code yang ditempel beda juga. Konsumen bisa coba memastikan sendiri,” ujarnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm