Ilustrasi tes urine
Ilustrasi tes urine ( Tribunjakarta via gezondheidsnet)

Cara Buat Surat Keterangan Bebas Narkoba untuk Pendaftaran CPNS 2023

17 September 2023 09:06 WIB

SonoraBangka.id - Sejumlah kementerian/lembaga mensyaratkan surat keterangan bebas narkoba dalam pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2023.

Ya, cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba untuk Pendaftaran CPNS 2023, Segini Biaya dan Syaratnya

Simak biaya, syarat, dan cara membuatnya.

Surat keterangan bebas narkoba bisa didapatkan di sejumlah tempat, seperti fasilitas kesehatan (Puskesmas dan rumah sakit), Badan Narkotika Nasional (BNN), hingga di kantor kepolisian.

Masyarakat yang hendak membuat surat keterangan bebas narkoba akan menjalani serangkaian tes laboratorium untuk mendeteksi ada atau tidaknya zat narkoba, psikotropika, atau zat adiktif lainnya.

Tes laboratorium ini dilakukan melalui urine untuk memastikan tubuh pemohon bebas dari narkoba. Pasalnya, narkoba dapat memengaruhi kinerja seseorang sehingga tak heran jika surat keterangan bebas narkoba dijadikan syarat melamar kerja.

Biaya Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba

Biaya untuk mengurus surat bebas narkoba bervariasi, tergantung lokasi tes bebas narkoba dilakukan.

Jika ingin biaya yang terjangkau, Anda dapat melakukan tes bebas narkoba di rumah sakit milik pemerintah atau Puskesmas. 

Biaya tes bebas narkoba di rumah sakit juga berbeda-beda. Di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta, biaya yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm