Ilustrasi SIM C.(ntmcpolri.info)
Ilustrasi SIM C.(ntmcpolri.info) ( KOMPAS.COM)

Aturan Cabut SIM Bakal Berlaku, Polisi Minta Untuk Pengendara Taat Aturan

24 September 2023 18:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan berlalu lintas, Kepolisian RI berencana memberlakukan aturan cabut SIM bagi pengendara yang banyak melakukan pelanggaran.

Aturan ini sejatinya sudah dicanangkan sejak tahun 2021, tapi realisasinya masih belum dilakukan karena ada banyak pertimbangan.

Meskipun begitu, Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Lantas Jakarta Barat AKP Sudarmo mengatakan, aturan ini nampaknya segera diberlakukan dalam waktu dekat.

“Di Mabes (markas besar) sudah makin sering dibahas (aturan cabut SIM). Jadi kemungkinan besar bakal diberlakukan, karena memang sudah digodok (disiapkan) juga dari tahun-tahun kemarin”, ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (22/9/2023).

Secara konsep, peraturan cabut SIM akan dijuluki Demerit Point System (DPS), yang sesuai namanya, berkaitan dengan sistem poin atau skor.

Setiap kali pengendara melakukan kesalahan, misalnya terkena tilang, akan diberikan poin-poin dalam jumlah tertentu sesuai jenis pelanggarannya.

“Kalau batas poinnya sudah maksimal, SIM bakal dicabut dan pengendara harus melakukan tes ulang,” kata Sudarmo.

Menyikapi adanya peraturan terbaru ini, Sudarmo mengimbau agar masyarakat lebih bijaksana saat berkendara, agar keselamatan dan ketertiban lalu lintas bisa selalu terjaga.

“Satu hal yang harus diingat, SIM itu kan bukti kompetensi berkendara, jadi kalau sampai SIMnya dicabut, berarti dianggap sudah enggak kompeten lagi. Makanya (pengendara) harus bijak,” kata dia.

Secara regulasi, aturan DPS sudah tertulis di dalam Pasal 37 ayat (2) Peraturan Polisi Nomor 5 tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM, dan Peraturan Kapolri Nomor 9 tahun 2012 tentang SIM.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm