Ilustrasi sate usus ayam bumbu kuning ala angkringan.
Ilustrasi sate usus ayam bumbu kuning ala angkringan. ( SHUTTERSTOCK/NUR EL IMANY)

Pastikan Usus Bersih dan Sudah Dipotong,Berikut Cara Membuat Sate Usus

25 September 2023 15:27 WIB

SonoraBangka.id -  Usus yang dijual di pasar biasanya bentuknya utuh dan masih panjang. Kamu harus memotong usus menjadi ukuran lebih kecil menyesuaikan ketentuan pada resep. Apabila kamu membeli usus ayam yang belum dibersihkan, segera lumuri dengan jeruk nipis atau kapur sirih begitu sampai rumah.

Setelah itu, diamkan usus selama beberapa saat, lanjutkan dengan mencuci usus dengan air mengalir sampai benar-benar bersih. Ada pula cara mengurangi aroma usus yang amis yaitu dengan merebusnya dengan rempah atau bumbu aromatik. Setelah itu, kamu dapat mengolah usus misalnya menjadi sate seperti resep dari buku "Lauk Lezat & Favorit Sate Ayam" karya Indriani terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut. 

Resep sate usus

Bahan usus (15 tusuk)

200 ml santan

3 lembar daun salam

400 gram usus ayam yang sudah bersih

Tusuk sate secukupnya

Bumbu halus

1 ruas jari lengkuas

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm