ilustrasi tuna mentah.
ilustrasi tuna mentah. ( SHUTTERSTOCK/Patryk Kosmider)

Berikut Ini 5 Jenis Tuna yang Biasanya ada di Masakan Jepang

3 Oktober 2023 17:50 WIB

SonoraBangka.id - Kamu termasuk pencinta menu masakan Jepang, seperti sushi dan sashimi? Mungkin kamu tidak asing lagi dengan penggunaan tuna pada aneka hidangan tersebut.

Dilansir dari beberapa sumber, ada beberapa jenis tuna yang biasanya digunakan pada masakan Jepang. Kualitas, tekstur hingga rasa dari tuna bisa saja berbeda di setiap menu hidangannya. Simak aneka jenis tuna berikut ini. 

1. Pacific Bluefin Tuna

Dilansir dari Taste Atlas, Tuna sirip biru asal Pasifik merupakan salah satu jenis ikan tuna yang banyak dicari di Jepang. Dalam setiap hasil tangkapannya, punya harga lebih dari 200 dolar per pon. Jenis tuna yang satu ini, terbagi dalam tiga jenis yaitu pacific, atlantic, dan southern.

Tuna ini banyak bertelur di sekitar Jepang kemudian bermigrasi melintasi Samudra Pasifik ke Pantai Barat Amerika Utara. Tuna sirip biru cukup populer karena kandungan lemak yang tinggi dan teksturnya mirip dengan mentega. Biasanya dijual dalam bentuk potongan yaitu otoro atau bagian perut berlemak dan chutoro atau bagian perut berlemak sedang.

2.  Yellowfin atau Kihada Maguro

Jenis tuna yang satu ini punya warna sirip kuning dengan ukuran yang panjang serta melintang sepanjang tubuhnya. Tuna ini memiliki lemak yang sedikit, lebih banyak dagingnya. Cocok untuk lauk makan pada hidangan rice bowl.

3.  Albacore Tuna

Ditambahkan dalam laman Tasting Table, albacaore tuna atau shiro maguro memiliki warna daging yang pucat dengan rasa manis yang ringan. Daging dari jenis tuna ini biasanya dihidangkan mentah dengan harga yang cukup murah dibandingkan jenis lainnya.

4. Bigeye Tuna

Dilansir dari laman Food Republic, bigeye tuna memiliki nama ilmiah yaitu Thunnus Obesus. Jenis ikan tuna ini memiliki ukuran lebih kecil dari tuna sirip biru. Bigeye tuna punya bentuk tubuh yang kuat dengan warna hitam kebiruan di bagian atas dan warna perak di bagian bawah. Dalam masakan Jepang, bigeye tuna biasanya dihidangkan pada sushi dan sashimi.

5. Skipjack Tuna Skipjack

Tuna merupakan spesies tuna kecil yang biasa digunakan pada masakan Jepang. Panjangnya kurang dari dua kaki. Nama lain dari skipjack adalah bonito. Daging dari jenis tuna yang satu ini berwarna merah muda dengan rasa lebih kuat dibandingkan jenis lainnya. Ikan ini biasnaya digunakan sebagai katsuobushi. Itu adalah ikan filet yang diasapi kemudian difermentasi hingga keras dan berbentuk lembaran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Jenis Tuna yang Biasanya ada di Masakan Jepang, Pernah Coba?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/03/131100775/5-jenis-tuna-yang-biasanya-ada-di-masakan-jepang-pernah-coba-?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm