Bangun tidur di sore hari bikin linglung.(Shutterstock/ArtOfPhotos)
Bangun tidur di sore hari bikin linglung.(Shutterstock/ArtOfPhotos) ( KOMPAS.COM)

Mengapa Tidur Sore Bikin Linglung Saat Bangun? Ini Penjelasan Pakar

5 November 2023 21:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Unggahan di media sosial X (Twitter) ramai membahas soal kebiasaan tidur sore yang membuat seseorang menjadi linglung saat bangun.

Hal itu bermula dari posting yang menampilkan seorang ibu-ibu terbangung dari tidur sorenya.

Ibu tersebut mengira hari masih petang sehingga bersiap-siap menuju ke acara yang akan dihadirinya. Padahal, saat itu waktu menunjukkan pukul 24.00 WIB.

"Emang suka linglung gitu kalau tidur sore," ungkap warganet @Inks******.

Mitos larangan tidur sore karena bisa bikin linglung juga diyakini kuat oleh orang Indonesia.

"Makanya orang tua itu suka bilang jangan tidur menjelang Maghrib biasanya pamali atau sendekala bisa bikin linglung dan pikun, biasanya di badan juga gak enak kaya panas kalau tidur pas menjelang maghrib," kata @Kend***********.

Lantas, mengapa tidur sore bisa linglung saat bangun?

Penjelasan pakar

Praktisi kesehatan tidur dan konsultan utama Snoring & Sleep Disorder Clinic Rumah Sakit Mitra Kemayoran, Jakarta, Andreas Prasadja mengatakan, rasa linglung saat bangun tidur dalam dunia medis disebut sleep inertia.

"Sleep inertia itu sebenarnya terjadi kalau kita tiba-tiba terbangun dari tahap tidur dalam. Jadi enggak eksklusif pada siang atau sore hari saja. (Bisa) kapan pun," kata Andreas, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (5/11/2023).

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm