Salah satu olahan bulgur dengan ayam dan sayuran.
Salah satu olahan bulgur dengan ayam dan sayuran. ( SHUTTERSTOCK/IAROSHENKO MARYNA)

Cukup 15 Menit, Berikut Cara Masak Gandum Bulgur sampai Empuk

8 November 2023 15:37 WIB

SonoraBangka.id - Bulgur adalah biji-bijian berserat tinggi yang muncul dalam masakan Mediterania dan Timur Tengah. Bulgur berasal dari biji gandum utuh yang dipecah yang direbus setengah matang dan dikeringkan sebelum dikemas.

Hasilnya gandum matang jauh lebih cepat dibandingkan gandum utuh lainnya, seperti gandum beri, versi mentah, dan freekeh, biji gandum pecah-pecah namun mentah yang berasal dari gandum hijau muda.

Gandum dipanen dan digiling dengan berbagai cara untuk menghasilkan makanan yang berbeda. Gandum bulgur dihasilkan dari biji batang gandum, yang kadang-kadang disebut buah gandum.

Cara memasak gandum bulgur

Melansir The Spruce Eats, jenis gandum bulgur matang sempurna dalam waktu kurang dari 15 menit. Namun jenis yang berbeda memerlukan waktu memasak yang berbeda. Sebaiknya selalu periksa kemasan bulgur untuk mengetahui petunjuk memasaknya.

Rata-rata cara memasak bulgur adalah sebagai berikut:

  • Campurkan 2 cangkir cairan dan 1 cangkir bulgur kering ke dalam panci
  • Didihkan dan kecilkan api, lalu biarkan mendidih
  • Tutup hingga bulgur empuk sekitar 12 menit.
  • Tiriskan sisa cairan dan haluskan bulgur dengan garpu sebelum disajikan.

Meskipun gandum bulgur paling sering ditemukan dalam salad tabbouleh, kamu bisa menggunakannya seperti nasi atau kuskus, atau biji-bijian lainnya, seperti barley atau quinoa.

Cobalah membuat tumis sayur favorit kamu atau kari sayur dengan gandum bulgur utuh yang dimasak. Ini menjadi bahan pengikat yang baik dalam roti dan daging, seperti hidangan Timur Tengah yang disebut kibbeh.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Masak Gandum Bulgur sampai Empuk, Cukup 15 Menit", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/08/123200575/cara-masak-gandum-bulgur-sampai-empuk-cukup-15-menit.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm