ilustrasi ikan kakap putih atau barramundi.
ilustrasi ikan kakap putih atau barramundi. ( SHUTTERSTOCK/Kirill Zakabluk)

Bukan Hanya Warna, Berikut 3 Beda Kakap Merah dan Kakap Putih

12 November 2023 15:02 WIB

SonoraBangka.id - Cara termudah membedakan ikan kakap dari warnanya, putih dan merah. Namun, di luar itu juga ada perbedaan lain antara kakap merah dan kakap putih yang perlu kamu ketahui. Pengelola Lembur Kuring & Seafood, menjelaskan beda kakap merah dan kakap putih berikut ini.

1. Warna daging

Jelas daging kakap merah dan putih berbeda warna. Kakap merah memiliki daging berwarna kemerahan. "Secara presentasi, warna merah itu lebih menarik. Kakap merah itu lebih favorit," ujar pengelola saat ditemui Kompas.com di Lembur Kuring & Seafood Cimanggis, Rabu (8/11/2023). Sementara itu, warna kulit kakap putih adalah putih kehitaman, serta bagian dagingnya yang berwarna putih.

2. Rasa kakap merah lebih gurih

Soal rasa, kedua jenis kakap ini juga memiliki perbedaan. Ia menuturkan, kakap merah terasa lebih gurih, sementara itu, cita rasa kakap putih lebih manis.

3. Tekstur kakap merah lebih lembut

Menurutnya, olahan ikan kakap utuh biasanya menggunakan jenis kakap merah, seperti ikan bakar, sup, dan gulai. Sebaliknya, kakap putih lebih sering dijual dan digunakan dalam bentuk filet atau bagian dagingnya sudah dipisahkan dari kulit dan tulang.

"Kakap asam manis, kakap saus lemon, itu dari kakap putih karena teksturnya lebih keras daripada kakap merah," jelasnya.  Kakap merah disebut kurang cocok untuk filet karena teksturnya lembut dan mudah hancur.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Beda Kakap Merah dan Kakap Putih, Bukan Hanya Warna", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/10/170500375/3-beda-kakap-merah-dan-kakap-putih-bukan-hanya-warna.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm