Ilustrasi daging sapi, ayam, dan ikan di freezer. (SHUTTERSTOCK/PHOTO WIN1)
Ilustrasi daging sapi, ayam, dan ikan di freezer. (SHUTTERSTOCK/PHOTO WIN1) ( KOMPAS.COM)

Lebih Sehat Mana antara Daging Sapi, Ikan, serta Ayam?

25 Desember 2023 20:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Daging merah dari sapi, ikan, dan ayam merupakan sumber protein hewani yang diperlukan bagi tubuh.

Protein membantu memperbaiki sel dan jaringan tubuh. Protein juga sumber energi sekaligus membantu pencernaan serta membangun otot, kulit, tulang rawan, dan tulang.

Sebagai sumber protein, daging merah, ikan, atau ayam termasuk makanan yang perlu dikonsumsi sehari-hari.

Tapi, di antara ketiga pilihan itu, mana yang lebih sehat?

Sumber protein hewani terbaik

Ahli gizi, Maya Roseman mengungkapkan bahwa ayam, ikan, dan daging sapi hampir tidak memiliki perbedaan nutrisi bagi tubuh.

"Semuanya memiliki sekitar 25 gram protein per seratus gram, protein berkualitas yang penting untuk membangun otot. Semuanya mengandung zat besi dan vitamin B12," ujarnya, diberitakan The Jerusalem Posts (1/2/2023).

Meski begitu, dia menyebut ikan dan makanan laut memiliki nutrisi asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan peradangan.

Sementara daging sapi memiliki lebih banyak zat besi, seng, dan vitamin B12 dibandingkan ayam dan ikan.

Bila berbicara soal mana sumber protein terbaik, maka dilihat dari kemampuannya dalam membentuk otot tubuh manusia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm