Ilustrasi efek samping rambutan, buah rambutan.(PIXABAY/FATHIMA SHANAS)
Ilustrasi efek samping rambutan, buah rambutan.(PIXABAY/FATHIMA SHANAS) ( KOMPAS.COM)

5 Untuk Efek Samping Terlalu Banyak Makan Rambutan yang Jarang Diketahui

28 Januari 2024 21:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Rambutan (Nephelium lappaceum) adalah buah tropis yang banyak tumbuh di negara-negara di kawasan Asia Tenggara, salah satunya di Indonesia.

Dikutip dari Pharmeasy, daging buah rambutan mengandung beberapa vitamin dan senyawa bioaktif, seperti polifenol, termasuk ellagitannin, geraniin, corilagin, dan asam ellagic yang baik untuk kesehatan.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa manfaat rambutan potensial untuk mengurangi peradangan, mengontrol tekanan darah, atau melawan infeksi bakteri.

Meskipun ada sederet khasiat rambutan yang menjanjikan bagi kesehatan, saat dikonsumsi secara berlebihan, buah ini bisa memicu beberapa efek samping yang merugikan tubuh.

Lantas, apa saja efek samping terlalu banyak makan rambutan?

Efek samping terlalu banyak makan rambutan

Ada beberapa risiko efek samping terlalu banyak makan rambutan yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Membuat asam lambung naik

Dikutip dari Netmeds, terlalu banyak makan rambutan, terutama yang bercita rasa terlalu asam bisa menyebabkan masalah gastrointestinal atau gangguan pencernaan.

Gejala gangguan pencernaan ini bisa berupa asam lambung naik, iritasi lambung, sembelit, diare, nyeri ulu hati, atau sakit perut.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm