Ilustrasi ikan bakar bumbu kuning. (Dok. Shutterstock/Michaelnero)
Ilustrasi ikan bakar bumbu kuning. (Dok. Shutterstock/Michaelnero) ( kompas.com)

Cara Paling Sehat Masak Ikan, Ketahui Supaya Nutrisi Tak Berkurang!

9 Maret 2024 20:16 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Ikan adalah salah satu bahan pangan paling sehat yang kaya akan nutrisi bermanfaat untuk tubuh.

Beberapa penelitian ilmiah menemukan, makan ikan secara teratur dapat menurunkan risiko masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, stroke, dan depresi.

Kementerian Kesehatan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) pun menganjurkan masyarakat untuk mengonsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu.

Tapi, cara memasak ikan perlu diperhatikan karena berpotensi mengubah komposisi nutrisinya.

Oleh karena itu, beberapa metode memasak mungkin lebih baik bagi kesehatan kalau dibandingkan metode memasak lainnya.

Lantas, bagaimana cara tersehat masak ikan?

Cara tersehat masak ikan

Ikan merupakan sumber protein berkualitas tinggi, vitamin D, serta asam lemak omega 3 yang baik untuk organ jantung dan otak.

Dilansir dari Healthline, jenis ikan, cara memasak, durasi memasak, serta minyak goreng yang digunakan dapat memengaruhi profil nutrisi ikan.

Secara keseluruhan, metode memasak ikan tersehat, yakni membatasi hilangnya omega 3, mempertahankan sebagian besar nutrisi, dan meminimalkan pembentukan senyawa berbahaya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm