7 Ciri-ciri Maag Akut yang Pantang Disepelekan(Kmpzzz)
7 Ciri-ciri Maag Akut yang Pantang Disepelekan(Kmpzzz) ( kompas.com)

Apakah Penderita Maag Boleh Berpuasa? Ini Penjelasan Dokter

14 Maret 2024 21:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Selama bulan Ramadhan, umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa.

Puasa berasal dari bahasa Arab, yaitu "shaum" atau "shiyam" yang artinya menahan. Seseorang yang berpuasa harus menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam Matahari.

Meskipun demikian, terdapat beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu yang dianggap berisiko apabila menjalankan puasa Ramadhan, salah satunya adalah penderita maag.

Lantas, apakah penderita maag boleh berpuasa?

Puasa untuk penderita maag

Penyakit maag seringkali dikaitkan dengan kebiasaan makan yang terlambat atau pola makan yang berantakan.

Gejala sakit maag berupa munculnya sensasi nyeri di lambung. Sensasi nyeri tersebut dapat mengganggu aktivitas penderita.

Praktisi kesehatan masyarakat, Dr Ngabila Salama mengatakan, penderita maag ringan yang tidak parah atau akut boleh berpuasa.

"Untuk penderita maag ringan yang tidak parah dan akut, puasa justru bisa membuat maag membaik," kata Ngabila kepada Kompas.com, Rabu (13/3/2024).

Hal ini karena minimnya produksi asam lambung akibat kerja lambung yang tidak terlalu keras selama berpuasa sehingga produksi asam lambung menurun dan maag akan sembuh

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm