Ilustrasi perselingkuhan - Suami kepala desa di Blitar selingkuh. Ia lantas menyusun rencana untuk membuang bayi hasil hubungan gelapnya.(HERZINDAG)
Ilustrasi perselingkuhan - Suami kepala desa di Blitar selingkuh. Ia lantas menyusun rencana untuk membuang bayi hasil hubungan gelapnya.(HERZINDAG) ( KOMPAS.COM)

20 Untuk Alasan yang Membuat Orang Bercerai

23 Maret 2024 20:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Walau kita sering menebak-nebak apa alasan seseorang bercerai, faktanya yang paling tahu masalah dalam rumah tangga adalah pasangan itu sendiri. Meski demikian, alasan kegagalan pernikahan bukanlah hal yang unik atau tidak jelas, karena ada beberapa pola yang umum terjadi. 

Para ahli hubungan mengatakan bahwa da banyak faktor yang bisa menyebabkan keretakan rumah tangga. Salah satu atau gabungan dari faktor-faktor inilah yang biasanya menjadi penyebabnya. 

20 alasan paling umum mengapa orang bercerai

1. Kesulitan komunikasi

“Saat saya menangani pasangan, saya berulang kali mendapatkan masalah kurangnya komunikasi diantara mereka,” kata Julia Rueschemeyer, seorang pengacara Massachusetts yang telah memediasi lebih dari 1.600 perceraian

“Pasangan sering menunda pembicaraan penting dan menjadi kesal. Banyak pasangan mempunyai ekspektasi berbeda tentang siapa yang harus bekerja dan berapa banyak uang yang harus mereka hasilkan, misalnya. Saat mereka sampai di kantor saya, mereka sudah menyerah dalam pernikahan, adahal mereka tidak pernah mengkomunikasikan asumsi mereka."

2. Masalah keuangan

“Alasan paling umum dalam kasus perceraian adalah tekanan finansial,” kata pengacara perceraian Derek Jacques, pemilik Firma Hukum Mitten di Detroit. 

Sebagian besar kliennya yang mengajukan permohonan cerai menyebutkan kurangnya kontribusi keuangan pasangannya sebagai alasan. “Hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya komunikasi, yang sebenarnya bisa diperbaiki untuk membantu menghindari perceraian,” tambahnya. 

“Jika kamu mengomunikasikan kekhawatiran keuangan secara terbuka dengan pasangan, biasanya ada tindakan yang dapat diambil untuk memperbaikinya.”

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm