Dorong Potensi Sumber Laut DPRD Babel Sambangi KKP RI dan Dinas KPKP DKI Jakarta
Dorong Potensi Sumber Laut DPRD Babel Sambangi KKP RI dan Dinas KPKP DKI Jakarta ( Humas DPRD Babel)

Dorong Potensi Sumber Laut DPRD Babel Sambangi KKP RI dan Dinas KPKP DKI Jakarta

12 September 2024 14:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebagai daerah Kepulauan yang dikelilingi oleh laut, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) memiliki sumber daya laut laut yang melimpah salah satunya sumber daya perikanan.

Saat ini budi daya udang merupakan salah satu sumber ekonomi yang sedang berkembang, pemprov Kep. Babel juga cukup baik dan terus berupaya dalam mensupport potensi tersebut.

Herman Suhadi, Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Komisi II menyambangi Dirjen Budidaya KKP RI di Jakarta untuk mendapatkan saran dan masukkan guna mendorong peningkatan potensi budidaya udang tersebut, Kamis (05/09/2024).

"Kami mendapat informasi bahwa KKP RI disupport oleh Asian Development Bank (ADB) yang mempunyai program dalam membantu budidaya laut seperti yang telah di peroleh oleh Kebumen, Sulawesi, dan Aceh, kami babel juga ingin memperoleh bantuan program tersebut serta prosedurnya," ujar anggota DPRD dari Fraksi PDI-Perjuangan ini.

Ditambahkannya bahwa saat ini tambak udang didominasi oleh tambak udang swasta yang dimiliki oleh perusahaan sedangkan untuk tambak rakyat dikelola oleh Gapoktan.

Nono, Direktur rumput laut ditjen perikanan budidaya menyampaikan bahwa bantuan program tersebut terbuka untuk setiap daerah dengan melengkapi beberapa persyaratan yang telah ditentukan.

"Cukup dengan pengajuan proposal yang kemudian akan kami tindaklanjuti dengan survey kelayakan daerah, setelah itu apabila memenuhi kriteria akan diberikan bantuan termasuk juga bantuan alat eskavator melalui Kabupaten/Kota," ungkapnya.

Adapun untuk luasan lahan disesuaikan dengan berbagai kriteria minimal 17 Ha yang merupakan program tambak udang Klaster.

Terpisah, guna menambah informasi tentang pengelolaan UPTD Kelautan dan Perikanan maka Herman Suhadi, Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didampingi Beliadi dan Hellyana, Wakil Ketua DPRD beserta Komisi II menyambangi Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, Jumat (06/09/2024).

Herman Suhadi, menitikberatkan pada bagaimana potensi untuk mendorong peningkatan PAD dari sektor perikanan sebagai masukan bagi babel yang juga merupakan daerah penghasil ikan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm