Ilustrasi
Ilustrasi ( Raja Umar)

Berikut Ini Perbedaan Antara Lobster Air Laut Dan Air tawar

19 Juli 2020 15:25 WIB

SonoraBangka.id - Lobster sedang naik daun  berkat bakso lobster yang sedang viral saat ini. Namun, perlu diketahui ternyata lobster bukan hanya satu jenis, ada yang disebut lobster air tawar dan ada yang disebut lobster air laut. Meskipun sama-sama lobster keduanya merupakan dua binatang yang berbeda dari segi habitat, pola makan, serta pola pertumbuhan. Perbedaannya bisa dilihat dari penampilan habitat dan masih banyak lagi. Berikut ini perbedaan dari lobster air tawar dan lobster air laut dilansir dari  Animals - mom.me

1. Perbedaan dari segi penampilan

Lobster air tawar dan laut sama-sama memiliki dua capit depan yang besar, kulit yang keras dan delapan kaki. Kedua binatang ini sekilas memiliki penampilan yang sangat mirip. Jika keduanya disandingkan perbedaan dari bentuknya hanya terlihat di bagaian ukuran besar dan kecilnya. Lobster air tawar terbilang berukuran lebih kecil dibanding lobster air laut. Rata-rata panjangnya dua sampai enam inci. Sedangkan lobster air laut biasanya memiliki ukuran sebesar delapan inci ketika dipanen. Kadang ada juga lobster air laut yang bisa tumbuh hingga 20 inci atau lebih. Sedangkan dilansir oleh DifferenceBetween.net, keduanya memiliki anggota badan yang sama, dan berfungsi untuk bergerak serta mencari makan. Mereka juga sama-sama menggunakan dua capit besarnya untuk bertahan hidup, dan menyerang musuh.

2. Perbedaan habitat dan makanan

Walaupun mereka memiliki perbedaan habitat, lobster air tawar dan air laut selalu mencari tempat tinggal yang tersembunyi.  Contohnya di batu karang untuk lobster air laut dan di bawah batu atau pipa untuk lobster air tawar. Dari namanya kita mengetahui jika kedua lobster ini hidup pada habitat yang berbeda. Lobster air laut hidup di air asin seperti lautan, sedangkan lobster air tawar hidup di air tawar, termasuk danau, sungai, anak sungai, dan kolam. Lobster air tawar memangsa ikan kecil, udang, kerang, siput dan hewan laut kecil lainnya. Sementara lobster air tawar memakan tanaman, serangga, cacing, dan apa saja yang mereka dapat temukan di dasar berlumpur.

3. Sebutan

Lobster air laut tanpa capit seperti lobster air laut yang berduri dan lobster batu, tapi secara teknis penyebutan tersebut kurang benar. Ada penyebutan nama yang berbeda-beda pada setiap wilayah. Penyebutan nama itu sering kali membuat lobster air laut dan air tawar sering tertukar. Lobster air tawar yang tanpa capit memiliki sebutannya sendiri seperti crawdad, crayfish, lobster jongkok, dan masih banyak lagi.

4. Cara mengolah

Rasa dari kedua hewan ini cukup berbeda, contohnya lobster jongkok, memiliki tekstur dan rasa yang lebih mirip dengan udang daripada lobster. Gaya penyajiannya juga biasanya berbeda antara lobster air tawar dan lobster air laut. Namun, kebanyakan lobster air tawar dan air laut sering dibelah menjadi dua kemudian direbus dan juga ada yang dibakar, kemudian disajikan utuh seperti itu. Selain itu juga ada cara penyajian yang hanya direbus tanpa dibelah lalu dihidangkan dengan utuh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bedanya Lobster Air Tawar dengan Lobster Air Laut", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/16/210400075/bedanya-lobster-air-tawar-dengan-lobster-air-laut?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm