Ilustrasi WFH
Ilustrasi WFH ( Shutterstock )

Akankah WFH Diterapkan Selamanya ? Siapkah Kita ?

22 Juli 2020 14:52 WIB

 

SonoraBangka.id - WFH adalah singkatan dari work from home yang berarti bekerja dari rumah. Secara umum biasanya work from home diartikan dengan cara kerja karyawan yang berada di luar kantor. Entah dari rumah, dari cafe atau restoran sesuai dengan keinginan karyawan.

Sistem kerja WFH memang memiliki fleksibilitas yang tinggi. Hal ini guna mendukung keseimbangan karyawan antara pekerjaan dan kehidupan. 

Sebenarya WFH bukalah hal yang barun namun istilah ini kembali eksis karena banyak perusahaan yang menerapkannya untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Kini WFH sedang menjadi solusi karena adanya wabah virus corona. Hal ini agar mengurangi risiko penularan virus corona dan keselamatan karyawan.

Menurut Chief of Transparency Officer dari TransparentBusiness, perusahaan penyedia aplikasi manajemen tenaga kerja jarak jauh yang berbasis di New York, Moe Vela, banyak perusahaan merasa lega karena penurunan produktivitas tidak terjadi. Sebaliknya, tingkat produktivitas justru meningkat dan pergantian karyawan menurun.

“Perusahaan memiliki tenaga kerja yang lebih sehat dengan tingkat ketidakhadiran lebih sedikit. Dapat menarik dan mempertahankan talenta terbaik karena inilah yang diinginkan oleh kaum milenial,” kata Vela, seperti dilansir dari Kompas.com, Selasa (21/4/2020).

Sebanyak 78 persen karyawan mengaku tetap bisa produktif, meski bekerja dari rumah. Hal ini berdasarkan riset yang dirilis Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Sabtu (16/5/2020). Penelitian ini pun memprediksi kebijakan WFH akan terus diberlakukan dalam jangka panjang, terutama selama pandemi Covid-19 belum berakhir.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm