Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti ( bangka.go.id)

Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Dinkes Bangka Perkuat Peran Bidan

24 Juli 2020 09:27 WIB

SonoraBangka.ID - Jumlah angka kematian ibu dan bayi selama proses kelahiran di Kabupaten Bangka memang relatif rendah dan masih dibawah angka nasional.

Namun, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka terus berupaya menekan angka tersebut agar kedepan nantinya tidak ada lagi kasus kematian ibu dan anak.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, bidan memiliki fungsi dan peran yang penting dalam melakukan pendampingan serta meningkatkan pemahaman masyarakat.

Melalui kegiatan pembahasan audit maternal perinatal pertolongan persalinan sesuai dengan standar pelayanan, diyakini bisa meningkatkan kemampuan dan keahlian para bidan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti menuturkan, dimasa sekarang kasus kematian ibu dan anak akibat persalinan seharusnya tidak boleh terjadi lagi.

Karena berbagai fasilitas telah tersedia dan memenuhi syarat guna memberikan pelayanan persalinan sesuai prosedur yang tepat.

"Untuk sementara kita fokuskan pelayanan persalinan ibu melahirkan minimal di fasilitas kesehatan tingkat pertama yaitu puskesmas. Seluruh puskesmas di Kabupaten Bangka juga telah mampu memberikan pelayanan tersebut," kata dr. Then saat membuka pertemuan di Ballroom ST12 Sungailiat, Kamis (23/7/2020).

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Anggia Murni menjelaskan fungsi bidan desa ditekankan dalam pendampingan bagi ibu hamil mulai dari masa awal kehamilan hingga proses persalinan.

Sehingga apabila diketahui memiliki resiko tinggi maka dapat langsung dirujuk ke Rumah Sakit.

"Untuk persalinan nanti akan didampingi ibu bidan ke puskesmas. Kalo memang terjadi darurat dan harus dirujuk ke rumah sakit maka ibu bidan juga dapat mendampingi hingga Rumah Sakit," tutur Anggia.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Suwardi menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari tersebut diikuti para bidan dari perwakilan Rumah Sakit dan puskesmas di Kabupaten Bangka. Sedangkan berkenaan dengan materi diberikan narasumber dari spesialis obgyn dr. Suandi, spesialis anak dr.Eriantono dan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka.

SumberDiskominfotik Bangka
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm