Ilustrasi
Ilustrasi ( TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Apakah Kamu Termasuk Yang Disebut Nomophobia ? Yuk Kenali Tandanya

15 September 2020 07:54 WIB

 

SonoraBangka.id - Orang yang kecanduan gadget (gawai) mungkin tidak menyadari bahwa dirinya sudah mengalami masalah kesehatan akibat terlalu sering menggunakan benda tersebut.

Dan memang, saat ini dikarenakan terlalu sibuk dengan gadgetnya, kebanyakan masyarakat jadi kurang berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Kondisi itu juga menciptakan beberapa kondisi, misalnya saja phubbing.

Phubbing bisa diartikan sebagai sikap mengabaikan orang lain karena perhatiannya lebih tertuju pada ponsel yang dipegangnya.

Ada juga smombie, singkatan dari smartphone zombie dimana seseorang akan menjadi mirip "zombie" saat bersama ponselnya, tidak peduli pada lingkungannya.

Yang paling banyak ditemui barangkali adalah nomophobia, atau fobia yang dirasakan saat tanpa ponsel.

Nah, jika hal ini terjadi pada Anda,bisa sangat merusak kualitas hidup dan kesehatan.

Apa itu nomophobia?

Menurut Oxford English Dictionary, nomophobia mengacu pada "kecemasan karena tidak memiliki akses ke ponsel atau layanan ponsel.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm