Ilustrasi kopi
Ilustrasi kopi ( SHUTTERSTOCK/PAULZHUK )

Sebagian Orang Bisa Merasa Lelah Setelah Minum Kopi , Mengapa ?

19 September 2020 08:37 WIB

SonoraBangka.id - Kopi menjadi satu jenis minuman yang banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia.

Efek dari meminum kopi bagi sebagian kita tentu sangat dirasakan,  seperti bisa meningkatkatkan fokus, atau pun mendongkrak kemampuan kognitif.

Namun, ternyata ada sebagian orang yang malah merasa letih saat menenggak secangkir kopi.

Loh, kok bisa ya? Seorang ahli gizi Kristin Kirkpatrick mengungkapkan, memang terdapat variasi genetik pada setiap individu dalam proses metabolism cepat atau lambat terhadap kafein.

Kita bisa melakukan tes yang disebut nutragenomix, untuk mengetahui bagaimana metabolisme terhadap kafein tersebut.

"Tes ini melihat seberapa cepat atau lambat seseorang memecah kafein berdasarkan varian gen tertentu (disebut gen CYP1A2)."

Dikatakan Kirkpatrick seperti dikutip laman Men's Fitness, bahwa tes ini juga untuk menentukan apakah kafein bermanfaat atau berbahaya bagi kesehatan seseorang.

Namun, sebelum beranjak pergi ke dokter, kita bisa melakukan tes "mandiri", untuk mencari gambaran tentang kemungkinan penyebab lain hingga muncul dampak tersebut.

Pertama, kondisi itu mungkin terkait dengan toleransi ringan terhadap kafein.

Oleh karena itu, bisa dicoba dengan mengurangi porsi, atau mencoba  dalam jumlah lebih sedikit.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm