ILustrasi
ILustrasi ( Dok. Shutterstock/IZZ HAZEL)

Berikut Ini Cara Memotong Timun Untuk Hiasan Mempercantik Masakan

22 Desember 2020 10:19 WIB

SonoraBangka.id - Buah yang sering dijadikan pendamping lauk seperti tumpeng, nasi goreng, atau penyetan adalah timun. Agar tampilannya lebih menarik, kamu bisa memotong timun dalam bentuk potongan yang berbeda. Melansir The Spruce Eats, berikut cara potong timun untuk hiasan yang dipakai untuk mempercantik masakan.

1. Cara memilih timun potong untuk hiasan

Ada baiknya kamu mengetahui cara memilih timun potong, sebelum mengetahui cara potong timun untuk hiasan. Dilansir dari The Kitchen, timun yang cocok digunakan sebagai hiasan makanan adalah timun Inggris. Jenis mentimun ini memiliki kulit yang tipis dan hampir tidak berbiji. Memiliki tekstur yang lebih renyah dibandingkan dengan jenis timun lainnya. Kulitnya yang tipis memudahkan kamu untuk mengupas, serta bagian sekitar bijinya juga lembut sehingga memudahkanmu untuk membentuknya menjadi potongan yang cantik.

2. Cara potong timun untuk hiasan

Kamu bisa mengikuti cara potong timun spiral yang biasanya digunakan sebagai hiasan pada masakan. Caranya adalah sebagai berikut,

  1. Potong timun menjadi dua bagian atau ukurannya sekitar 12 cm. Masukkan tusuk sate di bagian tengah timun.
  2. Mulai dari salah satu ujung timun, arahkan pisau miring dari ujung potongan. Agar potongannya tidak terputus, sandarkan pisau pada tusuk sate sambil memutar tusuk sate. Pastikan ketebalan timun yang sudah dipotong tidak lebih dari 1 cm.
  3. Setelah timun sudah dipotong spiral, kamu bisa melepaskan tusuk sate. Sajikan timun potong dengan menggulung bagian ujung yang satu dengan ujung yang lainnya.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Cara Potong Timun untuk Hiasan, Buat Masakan jadi Lebih Menarik", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/22/090700475/cara-potong-timun-untuk-hiasan-buat-masakan-jadi-lebih-menarik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm