Ilustrasi kesepian
Ilustrasi kesepian ( SHUTTERSTOCK )

Jika Merasa Kesepian di Akhir Tahun, Coba Lakukan Hal-Hal Kecil Ini

30 Desember 2020 21:10 WIB

SonoraBangka.id - Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pandemi yang tak kunjung usai menyebabkan dampak isolasi sosial akan lebih nyata dari biasanya.

Memang, tidak diragukan lagi, musim liburan akhir tahun ini akan berbeda dengan musim liburan lainnya yang pernah kita alami.

Terpisah dari keluarga dan sahabat membuat banyak orang rentan mengalami kesepian.

Kesepian bisa diperburuk oleh kondisi kesehatan emosional dan fisik, meskipun kesepian tidak diklasifikasikan sebagai kondisi kesehatan mental yang dapat didiagnosis.

Nah, untuk mengelola rasa kesepian agar tidak memburuk, beberapa terapis menyarankan kita melakukan hal-hal kecil saat liburan selama tahun yang sulit ini.

1. Berkumpul secara virtual

Pertemuan virtual adalah alternatif yang sederhana, efektif, dan aman untuk berkumpul bersama, yang bisa sedikit mengurangi rasa kesepian.

Jadi, solusi pertama adalah tetap berhubungan dengan orang yang kita cintai seperti keluarga atau sahabat dekat melalui obrolan video, panggilan telepon, maupun aplikasi meeting online.

2. Keluarlah dari rumah sebentar

Centers for Disease Control (CDC) telah mencantumkan perjalanan liburan sebagai faktor risiko yang meningkatkan transmisi penularan virus corona.

Oleh sebab itu, kita tidak perlu pergi terlalu jauh karena akan membahayakan kesehatan diri sendiri maupun orang lain.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm