Ilsutrasi
Ilsutrasi ( sajiansedap.grid.id)

Lazim digunakan, Berikut Ini Tiga Manfaat Kemiri Untuk Masakan

13 Januari 2021 14:55 WIB

SonoraBangka.id - Kemiri jadi salah satu bahan wajib untuk membuat bumbu dasar putih untuk masakan Nusantara. Biji kemiri (Aleurites moluccana) lazim digunakan untuk membumbui masakan Nusantara maupun Asia Tenggara lainnya, tak terkecuali Singapura dan Malaysia. Biasanya bumbu dasar putih digunakan untuk membuat sayur lodeh, bobor, atau semur. Mengutip dari beberapa sumber, berikut manfaat kemiri untuk masakan.

1. Mengentalkan masakan

Tak jarang kemiri juga dimanfaatkan untuk menambahkan konsistensi kuah soto supaya tidak terlalu cair. Seperti yang disebutkan dalam laman Nyonya Cooking, kemiri mengandung kadar minyak yang cukup tinggi sehingga dapat membuat masakan berkuah jadi lebih kental. Oleh karenanya, wajar apabila kemiri sering digunakan untuk memasak semur maupun kari.

2. Memperkuat aroma masakan

Menambahkan kemiri pada masakan dapat memperkuat aromanya. Sebaiknya kemiri sudah disangrai atau digoreng terlebih dulu sebelum dihaluskan bersama bumbu lain. Cara ini membuat aroma kemiri lebih keluar.

3. Menyedapkan masakan

Selain hidangan berkuah, biji kemiri juga dapat digunakan untuk tumisan dan bakmi. Walau begitu, biji kemiri juga mengandung asam hidrosianik beracun yang bisa menyebabkan diare dan muntah. Oleh sebab itu, kemiri harus dimasak dulu sebelum digunakan. Dalam laman Saveur.com disebutkan bahwa kemiri dapat menambah rasa gurih dan menyedapkan masakan. Cara memasak kemiri cukup disangrai, dipanggang, atau dibakar menggunakan portable torch. Gunakanlah kemiri secukupnya supaya rasa masakan tidak pahit akibat kandungan asam hidrosianik tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Manfaat Kemiri untuk Masakan, Apa Saja?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/13/090700875/3-manfaat-kemiri-untuk-masakan-apa-saja-?page=all#page2.


KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm