Ilustrasi
Ilustrasi ( THINKSTOCK.COM)

Anak Ikuti Perilaku Orangtua, Jadi Perhatikan Cara Mendidiknya !

18 Januari 2021 15:09 WIB

SonoraBangka.id - Anak adalah harapan bangsa, dan tentunya setiap orangtua pastilah menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang baik dan dapat meraih kesuksesan.

Salah satu kunci utama agar keinginan itu terwujud adalah pola asuh orangtua.

Cara orangtua bertutur kata dan berperilaku terhadap anak sangat memengaruhi masa depannya kelak. Sejak kecil, anak sudah memerhatikan orangtuanya.

Dari situlah anak belajar banyak dan mungkin tidak disadari orangtua. Oleh karenanya, penting bagi orangtua untuk memerhatikan perilaku dan tutur katanya.

Di sisi lain, orangtua juga harus memberikan contoh yang baik pada anak.

Menurut suatu studi yang diterbitkan dalam jurnal Science, bayi tak hanya mendapatkan genetika dari orangtuanya.

Bayi juga dapat menyerap sifat-sifat tertentu karena memerhatikan perilaku orangtua.

Para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengatakan, bayi bisa lebih tekun dengan tugas baru setelah mengamati orang dewasa berjuang dan berhasil dengan sesuatu.

"Bayi melakukan analisa untuk mempelajari konsep atau hal-hal tentang dunia. Mereka juga menggunakan analisa itu untuk belajar dan mengubah cara berperilaku."

Demikian yang diungkap oleh Laura Schulz, ilmuwan kognitif di MIT dan penulis senior dari studi tersebut.

"Tapi kami tidak tahu seberapa banyak bayi bisa mengawasi dan menarik kesimpulan dari perilaku orang dewasa," tambahnya.

Hasil studi tersebut didapatkan setelah tim di MIT melakukan analisa terhadap 262 bayi berusia 13-18 bulan.

Peneliti mengelompokkan bayi-bayi itu dalam tiga skenario. Skenario pertama, peneliti berpura-pura kesulitan untuk memainkan dua unit mainan dan pada akhirnya berhasil.

Skenario kedua, peneliti bisa memainkan mainan tanpa kesulitan. Skenario ketiga, peneliti tidak melakukan apapun.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm