Ilustrasi
Ilustrasi ( DragonImages )

5 Trik Untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Si Anak Usia 5 Sampai 12 Tahun

19 Januari 2021 21:47 WIB

SonoraBangka.Id - Memasuki usia 5 tahun, anak-anak mulai lebih terpapar dengan berbagai kegiatan serta lingkungan baru. Lingkup sosialnya pun menjadi lebih luas, karena tidak hanya berinteraksi dengan keluarga inti.

Pada usia ini juga si kecil bersiap memasuki sekolah dengan pelajaran akademis serta sejumlah aktivitas yang membutuhkan energi yang cukup.

Masa-masa ini berperan penting sebagai fondasi pertumbuhan fisik, mental, dan kemampuan sosialisasi mereka.

Oleh karena itu, orangtua pun harus mempersiapkan fase tumbuh kembang anak usia 5-12 tahun dengan sebaik-baiknya.

Namun, salah satu tantangan terbesar yang dihadapi si kecil pada rentang usia tersebut adalah kekurangan nutrisi yang memadai.

Berikut ini adalah 5 trik dari berbagai ahli yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mendukung tumbuh kembang anak lebih optimal, yang tinggi, tangguh, tanggap.

  1. Ajak si kecil melakukan olahraga atau aktivitas fisik minimal 1 jam sehari

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, anak-anak mulai dari usia 6 tahun idealnya melakukan olahraga atau aktivitas fisik minimal 60 menit setiap hari.

Kebiasaan ini sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat otot dan tulang, mengontrol berat badan, sampai menghindari risiko penyakit seperti diabetes, kanker, dan obesitas.

Tak hanya itu, ketika berolahraga atau bermain bersama teman-teman sebaya, si kecil akan belajar tentang cara bersosialisasi, berpikir kreatif, memecahkan masalah dengan mandiri, hingga melatih sportivitas.

Beberapa olahraga yang mudah dan dapat dilakukan dengan lebih aman di tengah pandemi misalnya: bersepeda, bermain frisbee, atau lompat tali.

SumberTribunnews.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm