Ilustrasi
Ilustrasi ( Itakdalee)

6 Alasan Makanan Manis Bisa Bikin Tubuh Gemuk, Ini Penjelasannya

1 Februari 2021 08:19 WIB

SonoraBangka.Id - Banyak pola makan dan kebiasaan gaya hidup yang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan menyebabkan Anda menambah lemak tubuh. Nah untuk itu Anda perlu membaca artikel ini.

Mengonsumsi makanan tinggi gula tambahan, seperti yang ditemukan dalam minuman manis, permen, makanan yang dipanggang, dan sereal manis, temasuk faktor yang berkontribusi dalam penambahan berat badan dan kondisi kesehatan kronis, termasuk obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Cara-cara di mana tambahan asupan gula menyebabkan penambahan berat badan dan peningkatan lemak tubuh sangatlah rumit dan melibatkan banyak faktor.

Berikut ini adalah alasan mengapa tambahan gula dalam makanan dapat menggemukkan:

1. Tinggi kalori kosong

Ada beberapa jenis gula tambahan yang sering dimasukkan ke dalam makanan dan minuman untuk meningkatkan rasa.

Beberapa jenis gula tambahan yang umum, termasuk fruktosa, sirup jagung, gula tebu, dan agave.

Kelebihan gula dapat menyebabkan Anda menjadi gemuk karena tinggi kalori sambil menawarkan sedikit nutrisi lainnya. Misalnya, 2 sendok makan (30 ml) sirup jagung pemanis biasa mengandung 120 kalori hanya dari karbohidrat.

Gula yang ditambahkan sering kali disebut sebagai kalori kosong, karena kalori yang relatif tinggi namun tidak mengandung nutrisi seperti vitamin, mineral, protein, lemak, dan serat, yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi secara optimal.

Ditambah lagi, makanan dan minuman yang biasanya mengandung banyak gula tambahan, seperti es krim, permen, soda, dan kue, cenderung sarat dengan kalori juga.

Mengunggunakan sedikit gula tambahan mungkin tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan. Tapi, jika makanan tinggi gula dikonsumsi secara teratur, besar kemungkinan dapat menyebabkan Anda menambah lemak tubuh lebih cepat dan lebih drastis.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm