Ilustrasi proses mengganti oli transmisi otomatis (Otomania/Setyo Adi)
Ilustrasi proses mengganti oli transmisi otomatis (Otomania/Setyo Adi) ( kompas.com)

Banyak yang Belum Paham, Perbedaan Proses Ganti dan Kuras Oli Matik

2 Februari 2021 22:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Tidak sedikit pemilik mobil yang belum paham sepenuhnya kalau proses ganti dan kuras oli, merupakan dua jenis pekerjaan yang berbeda.

Alat, proses dan part suku cadang yang dibutuhkan juga berbeda. Termasuk total biaya yang dikeluarkan juga memiliki perbedaan yang signifikan.

Hermas Prabowo sebagai Pemilik bengkel transmisi Worner Matic, mengatakan untuk proses ganti oli, baik transmisi otomatis model konvensional maupun CVT biasanya membutuhkan oli 3 liter hingga 4 liter.

“Sedangkan untuk kuras oli bisa 12 liter, prosesnya pun berbeda. Kuras oli membutuhkan waktu yang lebih lama,” ujar Hermas belum lama ini kepada Kompas.com.

Apa yang membuatnya berbeda?

Ganti oli itu hanya mengganti oli matik yang ada di ruang karter (bak penampungan oli). Sedangkan proses kuras adalah mengeluarkan atau mengganti semua oli yang ada di seluruh sistem transmisi. Maka dari itu dibutuhkan oli yang lebih banyak.

Jarak Tempuh

Ada pemahaman yang mengatakan bahwa proses ganti oli itu dilakukan berkala setiap mobil sudah menempuh jarak 15.000 km. Sementara untuk kuras oli dilakukan setiap 50.000 km.

Pemahaman tersebut menurut Hermas kurang tepat. Bila rajin melakukan pergantian oli matik sesuai waktunya, maka tidak perlu kuras oli. Karena, oli yang berada di dalam transmisi selalu diperbarui dan punya perfoma pelumasan yang baik.

“Kuras dilakukan jika kondisi oli transmisi sudah tidak lagi bisa melumasi dengan baik. Biasanya muncul gejala-gejala penurunan perfoma pada transmisi. Misal, ada keterlambatan saat proses shifting (pergantian gigi). Bisa juga muncul suara dengung,” kata Hermas.

Hermas mengingatkan, Selain itu, penggantian oli transmisi saat ini sebaiknya tidak lagi bergantung pada jarak tempuh. Melihat kondisi kemacetan lalu lintas yang parah, membuat jarak tempuh sudah tidak relevan lagi.

Contoh, untuk menempuh jarak 10 km biasanya ditempuh dalam waktu 20-30 menit, tapi pada kenyataannya saat ini bisa sejam atau lebih. Bila dihitung normal, dalam waktu 1 jam mobil bisa menempuh lebih dari 10 km.

“Yang biasanya ganti oli matik 10.000 km, dengan kondisi kemacetan dan waktu kerja komponen yang lebih lama sebaiknya dipercepat menjadi 7.000 atau 8.000 km,” terangnya.

Hal ini dilakukan untuk memperkecil kemungkinan penurunan perfoma transmisi matik dan juga kuras oli.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Banyak yang Belum Paham, Perbedaan Ganti dan Kuras Oli Matik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/02/094200515/banyak-yang-belum-paham-perbedaan-ganti-dan-kuras-oli-matik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm