Cek oli motor (Otomotifzone.com)
Cek oli motor (Otomotifzone.com) ( kompas.com)

Efek Isi Oli Motor Jika Terlalu Banyak

26 Maret 2021 22:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Aktifitas Mengganti oli sepeda motor merupakan hal wajib untuk perawatan mesin. Walau demikian mengganti oli pun tidak bisa sembarangan.

Saat penggantian oli usahakan sesuai takaran yang dianjurkan.

Sebab kapasitas oli berbeda-beda, ada yang 1,1 liter dan 0,65 liter. Sedangkan kemasan oli yang dijual juga beragam ada yang 0,8 liter maupun 1 liter.

Sehingga bisa saja ketika mengisi oli ke mesin, melebihi atau kurang dari kapasitas yang seharusnya.

Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, Gofur mengatakan, ada efek yang akan dirasakan oleh pemilik ketika mengisi oli kelebihan ataupun kekurangan.

“Kalau kepenuhan, efeknya pada mesin terasa berat tenaganya. Hal ini disebabkan tidak ada ruang untuk mesin bernapas,” kata Gofur kepada Kompas.com, belum lama ini.

Gofur mengatakan, bila oli terlalu banyak membuat kerja mesin lebih berat. Akibatnya seal oli bisa cepat jebol karena mesin kurang "bernapas."

Adapun bila kurang, efeknya membuat komponen di dalam mesin kurang terlumasi. “Jika tidak terlumasi, komponen di dalam mesin jadi cepat rusak,” ucap Gofur.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Efek Isi Oli Motor Terlalu Banyak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/26/180100015/efek-isi-oli-motor-terlalu-banyak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm