Ilustrasi anak stres karena banyak menerima kekerasan verbal dari orang dewasa di sekitarnya
Ilustrasi anak stres karena banyak menerima kekerasan verbal dari orang dewasa di sekitarnya ( Shutterstock.com)

Yuk Kenali dan Cara Mengatasi Depresi pada Anak. Orangtua Harus Tahu!

4 April 2021 20:01 WIB

SonoraBangka.id - Deperesi dan stres dapat dialami oleh siapa saja, tak terkecuali anak-anak.

Mungkin, selama ini kita berpikir bahwa hanya orang dewasa dan remaja saja yang dapat mengalami depresi.

Namun, kenyataannya anak kecil juga bisa mengalaminya.

Meski demikian, depresi pada anak kecil terlihat sangat berbeda, sehingga sulit bagi orangtua atau dokter untuk mengenali gejalanya, dan memberikan bantuan.

Psikolog klinis di Child Mind Institute, New York City, Amerika Serikat, Rachel Busman memberikan penjelasannya mengenai hal lini.

Dia menyebut, sulit untuk memikirkan tentang depresi pada anak-anak yang lebih kecil, karena kita membayangkan masa kanak-kanak sebagai masa kepolosan dan kegembiraan.

"Padahal, ada sebanyak 2-3 persen anak usia 6-12 tahun yang mengalami depresi berat," kata dia.

"Dan gangguan kecemasan yang terjadi pada lebih dari tujuh persen anak-anak berusia 3-17 tahun berisiko meningkatkan depresi," sambung dia.

Ketua Psikiatri Anak dan Remaja di N.Y.U. Langone Health, Dr Helen Egger juga memberikan penjelasan senada.

Dia mengatakan, berdasarkan penelitian epidemiologi, antara 1-2 persen anak kecil — kurang lebih berusia tiga tahun — mengalami depresi.

Maria Kovacs, Profesor Psikiatri di Fakultas Kedokteran Universitas Pittsburgh, mengatakan, pada tahun 1950-an dan 1960-an, ada psikiater anak yang percaya kalau anak-anak tidak memiliki perkembangan ego untuk merasakan depresi.

Tetapi di sisi lain, penelitian yang dilakukan di tahun 70-an menunjukkan, anak usia sekolah dapat menderita depresi yang dapat didiagnosis.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm