Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini bukan hanya mampu mendidik karakter anak, tapi juga kemampuannya dalam baca, tulis, dan hitung.
Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini bukan hanya mampu mendidik karakter anak, tapi juga kemampuannya dalam baca, tulis, dan hitung. ( Dok. ACS Jakarta)

Ingin agar Anak Suka Menolong ? Berikut 5 Tips Bagaimana Mendidiknya

16 Juni 2021 14:33 WIB

SonoraBangka.id - Dengan menolong orang lain dapat membuat anak-anak belajar tentang tanggung jawab, kerja tim, dan bagaimana mereka berempati.

Ya, melatih anak-anak agar punya inisiatif menolong dengan senang hati dapat mengajari mereka banyak keterampilan penting.

Meski demikian, menanamkan sikap senang menolong ini tidaklah mudah dan mungkin bisa menimbulkan ketegangan.

Namun, sebagai orangtua kita tidak perlu khawatir, karena kita tetap bisa mendidik anak-anak untuk bersedia menolong dengan senang hati.

Nah, berikut ini tips yang bisa berguna bagi orangtua:

1. Menjadi contoh bagi anak

Dalam hal ini, orangtua adalah contoh yang paling berpengaruh bagi anak-anak untuk mau saling menolong.

Orangtua adalah guru pertama dan paling berpengaruh bagi anak.

Itu sebabnya kita bisa mencontohkan anak-anak mulai dari hal kecil, seperti saling menolong dengan anggota keluarga, atau menolong tetangga.

Penting juga memerhatikan bahasa tubuh kita saat menolong dan biasakan untuk tidak mengeluh tentang hal itu.

2. Mendorong anak yang lebih tua

Mengajak atau mendorong anak yang lebih tua untuk menolong adiknya merupakan ide yang baik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm