Personel Sat Lantas Polres Pangkalpinang saat melakukan pengaturan lalu lintas di Jalan Solihin GP, Pangkalpinang, Jumat (3/12/2021).
Personel Sat Lantas Polres Pangkalpinang saat melakukan pengaturan lalu lintas di Jalan Solihin GP, Pangkalpinang, Jumat (3/12/2021). ( Bangkapos.com/Cepi Marlianto )

Polisi di Pangkalpinang Turun ke Jalan, Tekan Angka Kecelakaan, Ini yang Dilakukan Anggota Satlantas

3 Desember 2021 16:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Belasan personel Satuan Lantas Polres Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung turun ke jalanan, pada Jumat (3/11/2021).

Mengenakan rompi berwarna hijau, topi ciri khas polisi lalu lintas sembari meniup peluit polisi-polisi tersebut dengan sigap mengatur kendaraan yang melewati jalan tersebut. 

Mereka dikerahkan ke Jalan Solihin GP, Pangkalpinang untuk melakukan pengaturan lalu lintas (Gatur) di kawasan tersebut.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pangkalpinang, AKP Toni Susanto mengatakan kegiatan tersebut dilakukan agar terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas atau kamseltibcar lantas.

“Ini juga sebagai langkah mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di kalangan masyarakat Pangkalpinang,”ujar  Toni kepada Bangkapos.com.

Toni menuturkan, saat ini fokus pengamanan lalu lintas tetap menjadi prioritas pihaknya untuk mengantisipasi adanya kecelakaan, kendaraan mogok, dan pengalihan arus di kawasan itu.

Seperti yang diketahui jika di ruas jalan tersebut juga terdapat pasar sehingga rawan terjadi kemacetan, terutama disaat jam sibuk orang untuk melakukan aktivitas pergi dan pulang bekerja.

“Kita juga mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap mematuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas yang ada, serta selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara serta menghormati pengendara yang lainnya,” ucap Toni.

Di sisi lain, Toni mengatakan, pihaknya akan berusaha untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Kota Pangkalpinang dengan menyiagakan personel kepolisian di daerah itu.

Dengan keberadaan sat lantas yang berada di jalan melakukan pengaturan diharapkan aktivitas masyarakat dapat berjalan tertib aman dan lancar. Bahkan polisi meminimalisir upaya dalam melakukan penindakan.

Tetapi jika memang terlihat adanya pelanggaran yang kasat mata, pihaknya tetap lakukan penindakan seperti tak memakai helm, hingga menggunakan knalpot brong.

“Kita juga tetap memberikan imbauan kepada pengguna jalan agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan disiplin menggunakan masker,”harap  perwira pertama tingkat tiga ini.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Tekan Angka Kecelakaan,Polisi di Pangkalpinang Turun ke Jalan, Ini yang Dilakukan Personel Satlantas, https://bangka.tribunnews.com/2021/12/03/tekan-angka-kecelakaanpolisi-di-pangkalpinang-turun-ke-jalan-ini-yang-dilakukan-personel-satlantas.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm