Festival Film Sundance Batal Digelar Offline karena Kasus Omicron Meningkat
Festival Film Sundance Batal Digelar Offline karena Kasus Omicron Meningkat ( )

Festival Film Sundance Batal Digelar Offline karena Kasus Omicron Meningkat

6 Januari 2022 12:03 WIB

SonoraBangka.ID - Cuma tinggal dua minggu sebelum diselenggarakan, Festival Film Sundance harus membatalkan acara yang digelar offline atau tatap muka dan kembali ke format virtual. 

Yap, keputusan ini dilakukan menyusul kabar kembali melonjaknya kasus virus corona di Amerika Serikat.

Pada Rabu (5/1/2022) kemarin, pihak penyelenggara mengumumkan bahwa festival akan dimulai sesuai jadwal pada 20 Januari, tetapi akan dialihkan sepenuhnya secara online.

"Ini adalah keputusan yang sulit untuk dibuat," kata penyelenggara festival dikutip HAI dari KompasTV  Kamis (6/1/2022).

Sebelumnya festival ini direncanakan bakal berlangsung hybrid, dengan pemutaran film di Park City dan dapat diakses online. 

 

"Sebagai organisasi nirlaba, semangat Sundance adalah membuat sesuatu bekerja melawan rintangan. Tetapi dengan jumlah kasus yang diperkirakan mencapai puncaknya, kami tidak dapat membahayakan staf dan komunitas kami,” tambah pernyataan itu.

Pembatalan Sundance secara offline merupakan pukulan besar bagi industri film independen yang telah berjuang untuk tetap bertahan selama pandemi.

Perlu diketahui, Festival Sundance virtual tahun lalu, memutar film-film seperti "Summer of Soul" dan "CODA" telah membuat gebrakan dan membuktikan bahwa festival digital masih dapat membuat hits. 

Namun para pembuat film, eksekutif, penonton, dan jurnalis berharap bahwa Sundance dapat memulai tahun baru ini dengan pemutaran film perdana yang dihadiri penonton.

Institut Sundance, yang merupakan penyelenggara festival, bertahan selama mungkin dalam membuat keputusan tersebut, namun sayang keadaan tak terduga menjadi halangan. (*)

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm