BTS Konser 'Permission to Dance On Stage' di Los Angeles
BTS Konser 'Permission to Dance On Stage' di Los Angeles ( GRID.ID/Rizqy Rhama Zuniar)

Artis K-pop Menjual 57 Juta Lebih Album Fisik pada 2021, SM Entertainment dan HYBE Mendominasi

14 Januari 2022 21:34 WIB

SonoraBangka.ID - Gaon Chart merilis data yang mengumumkan lebih dari 57 juta album fisik musisi K-pop terjual pada tahun lalu. 

Dikabarkan media Yonhap News, data akhir tahun yang diterbitkan oleh Gaon Chart, yang setara dengan Billboard Charts Korea Selatan, menyatakan 400 album teratas dari negara tersebut telah terjual lebih dari 57 juta copy fisik secara global.

Angka tersebut meningkat hampir 37 persen dari tahun 2020, di mana album Top 400 terjual sekitar 41,7 juta unit. Tercatat 25 juta album fisik terjual pada 2019, dan telah melampaui angka 20 juta untuk pertama kalinya pada 2018.

 

Salah seorang sumber berbicara kepada Yonhap News, peningkatan signifikan dalam penjualan album dapat dikaitkan dengan para penggemar yang banyak membeli album selama pandemi COVID-19 dibanding menghadiri konser dan acara K-pop secara langsung.

“Penjualan album fisik mungkin sedikit melambat jika konser dinormalisasi lagi, tetapi tren kenaikan penjualan album kemungkinan akan berlanjut dalam jangka menengah hingga panjang,” ujar peneliti senior Gaon Chart, Kim Jin-woo.

Yonhap News juga mencatat bahwa dua label K-pop yaitu HYBE dan SM Entertainment ??menyumbang sebagian besar penjualan. HYBE yang merupakan label dari BTS dan SEVENTEEN, menyumbang sekitar 33,5 persen dari penjualan dengan 15,23 juta eksemplar.

Sementara itu, SM Entertainment, yang mewakili grup K-pop seperti NCT, aespa dan EXO mencatat penjualan sebanyak 17,6 juta copy.

https://hai.grid.id/read/073094591/artis-k-pop-menjual-57-juta-lebih-album-fisik-pada-2021-sm-entertainment-dan-hybe-mendominasi

SumberHai Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm