Ilustrasi mengemudi
Ilustrasi mengemudi ( SHUTTERSTOCK )

Ternyata Terlalu Lama Menyetir Bisa Tingkatkan Risiko Kematian Dini

13 Juni 2022 13:30 WIB

SonoraBangka.id - Hingga sekarang seberapa sering Anda mengendarai mobil? Dan saat menyetir mobil, berapa lama Anda menghabiskan waktu?

Ternyata mengemudi terlalu lama bisa membahayakan kesehatan, lo!

Mengemudi lebih dari satu jam per hari rupanya dapat menambah bobot tubuh 2,3 kilogram (kg) lebih berat daripada mereka yang menghabiskan waktu kurang dari 15 menit di dalam mobil setiap harinya.

Hal ini diungkapkan oleh para peneliti dari Australian Catholic University di Sydney, New South Wales, dilansir dari TheSun.

Studi ini juga menunjukkan bahwa menghabiskan banyak waktu di belakang kemudi dapat menambah lebih dari 1,5 cm lemak ke lingkar pinggang kita.

Jumlah ini berbahaya karena bisa meningkatkan risiko kematian dini.

Selain itu, temuan tersebut juga menunjukkan bahwa pria lebih rentan terkena risiko penyakit jantung dan diabetes, kondisi yang sering disebabkan karena tidak banyak bergerak.

Itu bisa terjadi karena pria lebih banyak menghabiskan waktu untuk berkendara dibanding perempuan.

Penelitian itu mempelajari kebiasaan mengemudi 2.800 orang dewasa terhadap BMI, lingkar pinggang, glukosa plasma puasa, dan berbagai sinyal yang terkait dengan penyakit kardiovaskular dan diabetes.   

Dengan mengetahui temuan itu, pertimbangkanlah untuk menggunakan transportasi umum.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm