Ilustrasi TikTok
Ilustrasi TikTok ( KOMPAS.com)

Bos TikTok Sebut Platformnya Bukan Media Sosial seperti Facebook

17 Juni 2022 16:11 WIB

SonoraBangka.ID - Selama beberapa tahun terakhir, TikTok menjadi media sosial yang paling populer di dunia, mengalahkan Facebook dan Instagram.

Tak heran, bila akhirnya dua jejaring sosial di bawah naungan Meta Platforms Inc. (dulu Facebook Inc.) itu "meniru" TikTok. Misalnya, dengan merilis fitur video pendek Instagram Reels dan Facebook Reels.

Namun, TikTok tampaknya tidak ingin "disama-samakan" dengan Facebook atau Instagram.

Pasalnya, menurut President of Global Business Solutions TikTok, Blake Chandlee, TikTok bukanlah sebuah platform sosial seperti Facebook dan Instagram, melainkan merupakan platform entertainment alias hiburan.

"Facebook adalah platform sosial. Kami (TikTok) adalah platform hiburan. Ini adalah perbedaan yang signifikan,” kata Chandlee.

Apa bedanya?

Sebelum bergabung dengan TikTok, Chandlee ternyata pernah bekerja selama 12 tahun di Facebook.

Dia pun menjelaskan, mengapa dirinya menyebut Facebook sebagai platform sosial, sementara TikTok sebagai platform hiburan.

Di Facebook, kata Chandlee, mereka membangun layanan dengan mengandalkan grafik sosial penggunanya.

"Facebook membangun semua algoritma mereka berdasarkan grafik sosial. Itu adalah kompetensi inti mereka. (Sedangkan) TikTok tidak," kata Chandlee.

Dia mencontohkan, Google sempat ingin menyaingi Facebook, dengan meluncurkan media sosialnya sendiri, yaitu Google+ pada 2011.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm