Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melambaikan tangan seusai mengikuti serah terima jabatan menteri perdagangan di Gedung Kemendag, Jakarta, Rabu (15/6/2022). Zulkifli Hasan yang menggantikan M Lutfi tersebut berjanji untuk menyelesaikan persoalan minyak goreng termasuk minyak goreng curah dalam rangka melanjutkan tugas menteri sebelumnya.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melambaikan tangan seusai mengikuti serah terima jabatan menteri perdagangan di Gedung Kemendag, Jakarta, Rabu (15/6/2022). Zulkifli Hasan yang menggantikan M Lutfi tersebut berjanji untuk menyelesaikan persoalan minyak goreng termasuk minyak goreng curah dalam rangka melanjutkan tugas menteri sebelumnya. ( (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A))

Pengusaha Minta Mendag Fokus Selesaikan Kasus Minyak Goreng, Harga Bahan Pangan hingga Investasi Bodong

17 Juni 2022 16:24 WIB

SonoraBangka.ID - Para pengusaha meminta Menteri Perdagangan yang baru, Zulkifli Hasan mampu menyelesaikan beberapa permasalahan di sektor perdagangan.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang mengatakan, Mendag yang baru diharapkan dapat mengembalikan kepercayaan konsumen.

Salah satunya dengan memastikan memastikan berbagai kebutuhan pokok pangan berada pada posisi stok yang terjamin dan harga yang stabil.

Stabilisasi harga minyak goreng

Terutama menjamin ketersediaan stok dan stabilisasi harga minyak goreng yang sempat bergejolak.

"Dengan bekal pengalaman leadership yang dimiliki pak Zulhas tentu diharapkan mampu melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Kementerian terkait seperti Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan juga stakeholder lainnya seperti pelaku usaha perkebunan sawit, produsen minyak goreng,eksportir, para agen sampai ke ritel/pedagang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (17/6/2022).

Gejolak harga bahan pangan

Menurutnya, harga pokok pangan yang rentan bergejolak harus dilakukan pengawasan dan pengendalian baik dari sisi stok dan harga.

Pasalnya, komoditas pangan ini bukan hanya untuk kebutuhan masyarakat langsung tapi juga menjadi bahan baku pelaku usaha UMKM seperti hotel, restoran, hingga warung makan.

Kemudian, Mendag yang baru juga diharapkan mengutamakan produk lokal. Namun jika terpaksa harus impor, Mendag perlu mempersiapkannya dengan matang agar stoknya tetap terjamin.

Mendag harus pastikan kebijakannya bebas kepentingan partai

Dia mengatakan, Mendag perlu membuat kebijakan agar proses mengurus berbagai izin impor lebih mudah, cepat, lancar, dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

"Sebagai ketua umum partai, (Mendag) harus dapat memastikan kepada publik bahwa Kementerian Perdagangan bebas dari kepentingan Partai," tegasnya.

Selain itu, dia juga meminta Mendag untuk fokus menyelesaikan permasalahan investasi bodong yang kerap merugikan masyarakat awam.

Mendag melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) harus tegas menindak dan mencabut izin perusahaan yang menawarkan investasi bodong ini.

"Dunia usaha berharap Menteri Perdagangan yang baru dapat menciptakan iklim tata niaga yang kondusif untuk kepentingan konsumen dan pelaku usaha," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengusaha Minta Mendag Fokus Selesaikan Kasus Minyak Goreng, Harga Bahan Pangan hingga Investasi Bodong", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/06/17/150000626/pengusaha-minta-mendag-fokus-selesaikan-kasus-minyak-goreng-harga-bahan-pangan?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm