lustrasi daging ayam dengan kulitnya.
lustrasi daging ayam dengan kulitnya. ( shutterstock/Kseniya Bogdanova)

Tidak Bau Dan Renyah Saat Digoreng,Berikut 2 Cara Bersihkan Kulit Ayam

29 Januari 2023 12:34 WIB

SonoraBangka.id - Cara membersihkan kulit ayam harus benar. Pasalnya, bagian ini mengandung banyak lemak yang akan memengaruhi aroma makanan. Terkadang, ada bau amis khas ayam jika kulit tidak diolah dengan benar.  Membersihkan kulit ayam juga berfungsi untuk memastikan gorengan menjadi renyah dan tidak terlalu berminyak. David Adi Hutama Sutanto, pemilik Nasi Kulit Mak Judes, membagikan dua cara membersihkan kulit ayam berikut ini. B

1. Cuci bersih kulit ayam

Setelah kulit dan daging ayam dipisahkan, cuci langsung bagian kulitnya hingga benar-benar bersih. David mengatakan, cara mencuci kulit ayam cukup menggunakan air keran. Pastikan untuk sesekali mengusap bagian luar kulitnya untuk membuang sisa bulunya.

2. Buang lemak kulit ayam

Jika bagian luar kulit ayam terdapat bulu, bagian dalamnya merupakan lemak yang harus dibuang. Menurut David, membuang lemak kulit ayam memang akan memengaruhi ketebalannya yang berkurang. Namun bila dibiarkan, lemak kulit ayam bisa membuat bau masakan. "Diseset sampai habis, benar-benar kulitnya terpisah dengan lemak," ujar David saat ditemui Kompas.com, Kamis (19/1/2023). Kulit ayam yang sudah bersih dari lemak bisa dibilas kembali dan ditiriskan, sebelum dilapisi tepung kemudian digoreng hingga renyah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Bersihkan Kulit Ayam agar Tidak Bau dan Renyah Saat Digoreng", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/01/22/121200975/2-cara-bersihkan-kulit-ayam-agar-tidak-bau-dan-renyah-saat-digoreng.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm