ilustrasi tomat segar.
ilustrasi tomat segar. ( SHUTTERSTOCK/melhijad)

Berikut 3 Cara Simpan Tomat Yang Kurang Matang Dan Sudah Dipotong

16 Maret 2023 07:05 WIB

SonoraBangka.id - Penyimpanan tomat seharusnya disesuaikan dengan tingkat kematangan buah sekaligus sayur ini. Tomat dengan kondisi tertentu lebih aman disimpan di suhu ruang, sementara lainnya bisa disimpan di kulkas. Ada empat cara menyimpan tomat berdasarkan kondisinya. Mulai dari tomat kurang matang hingga yang sudah dipotong. Selengkapnya, simak empat cara memotong tomat yang dilansir dari Bon Appetit berikut ini.

1. Simpan tomat kurang matang di meja dapur

Jika tekstur tomat masih terasa keras, bisa jadi tomat belum sepenuhnya matang dan perlu disimpan selama beberapa hari. Sebaiknya, simpan tomat agak mentah ini di meja dapur. Atur posisi batang tomat menghadap ke bawah untuk mengurangi hilangnya kelembapan. Jadi, tomat tetap berair dan tidak berkerut. Simpan tomat agak mentah ini di suhu ruang hingga mencapai kematangan yang diinginkan.

2. Simpan tomat matang di kulkas

Kamu bisa menyimpan tomat matang di kulkas. Setelah dibeli dari pasar atau supermarket, masukkan tomat langsung ke kulkas. Tomat akan tahan selama beberapa hari selama beberapa hari ke depan saat disimpan di kulkas.

3. Simpan potongan tomat di kulkas

Cara menyimpan tomat yang sudah dipotong sama seperti tomat matang. Kamu bisa menaruhnya di kulkas. Namun, potongan tomat harus disimpan di wadah kedap udara untuk menjaga rasa dan teksturnya tetap baik selama satu hingga dua hari ke depan.

4. Biarkan tomat di suhu ruang setelah disimpan di kulkas 

Jika ingin mendapatkan kualitas terbaik dari tomat dingin, jangan langsung memasaknya sesaat dikeluarkan dari kulkas. Kamu perlu mendiamkannya di suhu ruang sebentar untuk menyesuaikan temperatur tomat dan ruangan. Jika ingin lebih cepat menaikkan suhu tomat, potong tomat menjadi kecil dan gunakan untuk memasak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Simpan Tomat yang Kurang Matang dan Sudah Dipotong", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/15/193400475/3-cara-simpan-tomat-yang-kurang-matang-dan-sudah-dipotong.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm