ilustrasi cumi goreng tepung atau calamari rings.
ilustrasi cumi goreng tepung atau calamari rings. ( SHUTTERSTOCK/Foodio)

Renyah, Empuk, Tidak Alot, Berikut 3 Cara Masak Cumi Goreng Tepung

2 April 2023 19:27 WIB

SonoraBangka.id -  Kesulitan paling umum yang ditemui saat memasak cumi goreng tepung adalah menghasilkan tekstur renyah. Jika salah masak, cumi goreng tepung bisa menjadi alot. Bukan renyah dan lembut saat dimakan. Ada beberapa tips membuat cumi goreng tepung agar renyah dan tidak alot, dibagikan oleh Head Chef Lucy in The Sky SPARK Hendro Setio. Cumi goreng tepung yang sudah matang dan renyah bisa kamu sajikan untuk lauk buka puasa atau sahur.

1. Marinasi cumi-cumi dengan susu

Menurut Hendro, merendam potongan cumi mentah dengan susu dapat mencegah teksturnya alot saat dimakan. "Marinasi pakai susu biar tender, terus dicampurkan dengan tepung premix," jelas dia saat ditemui Kompas.com di Lucy in The Sky SPARK, Rabu (29/3/2023). Jika dibandingkan dengan tepung serbaguna, Hendro mengatakan, tepung premix akan lebih membantu hasil marinasi cumi menjadi semakin renyah saat matang.

2. Jangan masak cumi-cumi terlalu lama

Hindari menggoreng cumi terlalu lama. Hal ini bisa menyebabkan tekstur cumi goreng menjadi alot. Hendro menyarankan, cumi goreng tepung idealnya hanya dimasak selama satu hingga dua menit agar teksturnya renyah. "Temperaturnya juga harus tepat. Suhu terbaik untuk menggoreng itu kisaran 170-180 derajat celsius," ujar dia.

3. Tambahkan bubuk paprika

Menggoreng cumi dalam waktu cepat bisa membuat hasil masakan kurang berwarna, meski sudah menggunakan minyak banyak. Sebaiknya, tambahkan bubuk paprika ke dalam campuran tepung atau baluran cumi agar warnanya menjadi coklat keemasan dan terlihat menarik. Penggunaan tepung biasa tanpa campuran bubuk paprika atau esens serupa, menurut Hendro, akan membuat warna akhir cumi kurang menarik dan durasi masaknya lebih lama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Masak Cumi Goreng Tepung agar Renyah, Empuk, dan Tidak Alot", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/04/02/080400775/3-cara-masak-cumi-goreng-tepung-agar-renyah-empuk-dan-tidak-alot.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm