Oli motor(otoengine.com)
Oli motor(otoengine.com) ( KOMPAS.COM)

Tips untuk Memilih Oli Motor yang Sesuai, Cek Rekomendasi Pabrikan

2 Mei 2023 21:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Oli menjadi cairan yang perlu rutin diganti pada mesin motor. Tersedia banyak pilihan oli motor yang ada di pasaran, dari merek, kekentalan, hingga bahan bakunya.

Lalu bagaimana memilih oli motor yang tepat untuk motor?

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, selama motornya masih standar, maka oli yang digunakan disesuaikan saja dengan rekomendasi.

"Oli yang tepat, adalah yang direkomendasi pabrik. Kalau motornya standar, lebih baik sesuai dengan spesifikasinya, walaupun kita menggunakan merek oli yang lain," ucap Endro kepada Kompas.com, Selasa (2/5/2023).

Misal untuk Honda BeAT keluaran terbaru, berdasarkan buku manual, disarankan menggunakan oli dengan SAE 10W-30, dengan standar JASO T 903 : MB, dan klasifikasi API : SG atau lebih tinggi.

Lebih detail, JASO T 903 adalah angka penunjuk oli mesin untuk motor empat tak (4T). Ada dua kelas, MA dan MB, maka untuk Honda BeAT, cari oli dengan kelas MB.

Kemudian ada juga klasifikasi API yang menentukan kualitas dan tingkat performa oli mesin. Kembali lagi untuk Honda BeAT, disarankan memakai oli dengan API SG atau yang lebih tinggi.

Jadi sebaiknya, sebelum asal ganti oli, lebih baik cek spesifikasinya di buku manual. Maka nantinya performa motor akan sesuai dan menghindari kerusakan pada komponen mesin karena oli yang salah spesifikasinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Memilih Oli Motor yang Sesuai, Cek Rekomendasi Pabrikan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/02/183100415/tips-memilih-oli-motor-yang-sesuai-cek-rekomendasi-pabrikan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm