Kementerian ESDM bersama tim riset ITB dan US Grains Council meluncurkan peta jalan strategis untuk percepatan implementasi bioetanol di Indonesia, di Jakarta, Selasa (6/12/2022). (Dok. Humas Kementerian Ditjen EBTKE)
Kementerian ESDM bersama tim riset ITB dan US Grains Council meluncurkan peta jalan strategis untuk percepatan implementasi bioetanol di Indonesia, di Jakarta, Selasa (6/12/2022). (Dok. Humas Kementerian Ditjen EBTKE) ( KOMPAS.COM)

Mengenal BBM Jenis Baru yang Bakal Dijual Pertamina, Berapa Harganya?

12 Juni 2023 20:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT Pertamina (Persero) bakal menjual bahan bakar minyak (BBM) jenis baru yang disebut Bioetanol pada Juni 2023.

Penjualan BBM itu merupakan langkah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk menurunkan karbon emisi.

Selain itu, pengadaaan Bioetanol juga menjadi salah satu wujud kemandirian energi di Indonesia.

Dilansir dari Kompas.com Kamis (8/6/2023), Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, Pertamina bakal menjual Bioetanol mulai Juni 2023.

Surabaya bakal menjadi wilayah sasaran pertama penyaluran BBM jenis baru ini.

Bioetanol nantinya diperuntukkan bagi kendaraaan bermotor.

Lantas, apa itu Bioetanol?

Mengenal bioetanol

Irto mengatakan, BBM Bioetanol berbeda dengan BBM jenis lain yang disalurkan Pertamina.

BBM ini memiliki kualitas yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan Pertamax.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm